Hasil Pertandingan Ekuador vs Venezuela, Comeback Mengerikan La Vinotinto

Pemain Timnas Venezuela, Eduard Bello rayakan gol ke gawang Ekuador
Sumber :
  • AP Photo/Godofredo A. Vásquez

Amerika Serikat – Timnas Venezuela menunjukkan ketangguhan mereka usai mengalahkan Ekuador dengan skor 2-1 dalam laga perdana Grup B, Copa America 2024 di Levi's Stadium, California Minggu, 23 Juni 2024 pukul 05.00 pagi WIB.

Makin Panas, Pelatih Asal Argentina Hina Pemain Prancis

Timnas Ekuador sebetulnya lebih dulu unggul pada babak pertama lewat gol, Jeremy Sarmiento. Namun, di babak kedua, Venezuela membalas lewat gol Jhonder Cadiz dan Eduard Bello.

Pemain Timnas Venezuela, Eduard Bello rayakan gol ke gawang Ekuador Euro 2024

Photo :
  • AP Photo/Godofredo A. Vásquez
Lionel Messi Masih Tertinggal 21 Gol dari Cristiano Ronaldo

Babak pertama

Tampil dengan formasi 4-2-3-1, Ekuador coba bermain menekan pada awal laga. Terbukti mereka langsung menciptakan peluang di menit ke-11 lewat tendangan keras John Yeboah dari luar kotak penalti, namun bola dapat diantisipasi kiper Venezuela, Rafael Romo.

Momen Lucu Anak Lionel Messi 'Dikacangin' Petugas Jaring Gawang Stadion

Ekuador kembali mendapat peluang di menit ke-18, kali ini melalui sisi kanan pertahanan Venezuela, Piero Hincapie mengirim umpan lambung ke kotak penalti disambut sontekan Kendry Paez, lagi-lagi bola dapat ditepis Rafael Romo.

Berusaha menggapai bola rebound, kapten Ekuador, Enner Valencia justru dianggap melanggar pemain Venezuela. Akibatnya wasit mengusirnya dari lapangan pada menit ke-21 usai berkomunikasi dengan tim VAR.

Bermain dengan 10 pemain, Ekuador justru unggul lebih dulu di menit ke-39. Jeremy Sarmiento berhasil memanfaatkan bola liar di kotak penalti, kemudian mengarahkannya ke sudut yang sulit digapai Romo.

Babak kedua

Pemain Timnas Ekuador di Copa America 2024

Photo :
  • AP Photo/Godofredo A. Vásquez

Memasuki babak kedua, La Vinotinto-julukan Venezuela langsung tampil ngotot. Mereka tercatat melakukan beberapa serangan berbahaya ke gawang Ekuador yang dikawal Alexander Dominguez.

Hasilnya pada menit ke-63 mereka dapat menyamakan kedudukan lewat tendangan keras Jonder Cadiz yang berdiri bebas tanpa pengawalan di kotak penalti.

Sepuluh menit kemudian, Venezuela memperbesar keunggulan mereka. Kali ini melalui kecerdikan Eduard Bello memanfaatkan bola rebound sundulan Salomon Rondon yang ditepis Dominguez.

Venezuela pantas meraih kemenangan, berdasarkan catatan statistik mereka unggul penguasaan bola 66 persen, 14 tembakan dan 5 tepat sasaran. Sementara Ekuador hanya memperoleh penguasaan bola 34 persen, 9 tembakan dan 4 tepat sasaran. 

Tambahan waktu tidak mengubah apa pun. Skor akhir 2-1 untuk kemenangan Venezuela atas Ekuador.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya