Rodri Jadi Korban Pertama Peraturan Baru UEFA

RPemain Timnas Spanyol, rodri mendapat kartu kuning di Euro 2024
Sumber :
  • AP Photo/Alessandra Tarantino

JERMAN – Jelang Piala Eropa 2024, UEFA mengeluarkan sejumlah aturan baru. Salah satunya hanya kapten yang boleh protes ke wasit. Jika kapten tim adalah kiper, maka pelatih harus menunjuk pemain lain untuk menjalankan tugas tersebut.

Hasil Lengkap Olimpiade 2024: Timnas Argentina Kalah Kontroversial, Prancis dan Jepang Pesta Gol

Aturan baru ini mulai diterapkan dalam ajang Euro 2024 dan pemain Timnas Spanyol, Rodri jadi orang pertama yang terkena hukuman akibat melanggarnya.

Gelandang 27 tahun tersebut melayangkan protes kepada wasit saat Spanyol menghadapi Timnas Italia dalam laga kedua, Grup B Euro 2024 di Arena AufSchalke, Jumat 21 Juni 2024 lalu.

Riccardo Calafiori Sudah Siap Terbang ke London

Kapten Timnas Spanyol, Alvaro Morata saat melawan Italia

Photo :
  • AP Photo/Martin Meissner

Akibat protes yang dilakukan Rodri, pemain Manchester City itu mendapat hukuman kartu kuning dari wasit.

Seru! Julian Alvarez Berduel dengan Achraf Hakimi di Olimpiade 2024 Malam Ini

Sebelumnya, Rodri sudah mendapatkan satu kartu kuning saat Spanyol menghadapi Kroasia. Jadi pemain bernomor punggung 16 itu sudah mendapat dua kartu kuning.

Sesuai dengan regulasi, Rodri harus menjalani hukuman satu pertandingan akibat akumulasi kartu. Hukuman ini didapat saat Spanyol menghadapi Albania pada laga terakhir Grup B Euro 2024.

Dalam Piala Eropa 2024 ini, Spanyol menunjuk Alvaro Morata sebagai kapten utama dan Dani Carvajal menjadi wakil kapten. Itu artinya hanya dua pemain tersebut yang boleh melayangkan protes terhadap keputusan wasit.

Meski harus bermain tanpa Rodri saat melawan Albania, Spanyol setidaknya dapat bernapas lega lantaran sudah mengantongi tiket ke 16 besar Euro 2024.

Timnas Italia cetak gol bunuh diri ke gawang Spanyol

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

Kesempatan itu diperoleh anak-anak asuh Luis De la Fuente usai mengalahkan Italia dengan skor 1-0. Kemenangan tersebut didapatkan Spanyol dari gol bunuh diri pemain Italia, Riccardo Calafiori pada menit ke-55.

Hasilnya, Spanyol kokoh di puncak klasemen Grup B dengan koleksi 6 poin. Mereka berkesempatan meraih poin sempurna jika mampu mengalahkan Albania pada Selasa, 25 Juni 2024 pukul 02.00 WIB.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya