Drama 5 Gol Belanda Vs Austria, De Oranje Gigit Jari

Belanda vs Austria di EURO 2024
Sumber :
  • AP Photo/Petr David Josek

Jerman – Timnas Belanda menelan kekalahan saat melakoni pertandingan pamungkas Grup D EURO 2024 melawan Timnas Austria di Olympiastadion, Berlin, Jerman pada Rabu dini hari WIB 26 Juni 2024. De Oranje takluk dengan skor 2-3.

Madura United Paksa Bali United Gigit Jari

Enam menit pertandingan berjalan, gawang Timnas Belanda kebobolan lebih dulu. Donyell Malen melakukan gol bunuh diri ketika berupaya untuk mengintersep umpan silang Timnas Austria.

Ketinggalan satu gol membuat Belanda coba untuk bangkit. Namun memang tidak mudah bagi mereka untuk bisa menembus pertahanan Austria yang digalang dengan solid.

Riccardo Calafiori Sudah Siap Terbang ke London

Berbagai upaya yang dilakukan Belanda dan membuahkan peluang tak mampu diakhiri dengan gol sepanjang babak pertama berjalan. Mereka masuk ruang ganti dengan ketinggalan satu gol.

Dua menit babak kedua berjalan, sebuah serangan balik cepat dari Belanda diinisiasi oleh Xavi Simons. Dia lalu melepaskan operan kepada Cody Gakpo yang ada di dalam kotak penalti, lalu bisa mencetak gol.

Dimas Drajad Siap Bangkit Lawan Persis Solo

Belanda vs Austria di EURO 2024

Photo :
  • AP Photo/Petr David Josek

Sayangnya ketika pertandingan memasuki menit 59, gawang Belanda kembali dibobol oleh Austria. Kali ini giliran sundulan Romano Schmid yang membuat bola bersarang ke dalam gawang De Oranje.

Belanda tak mau menyerah begitu saja. Skuad asuhan Ronald Koeman keluar menyerang guna bisa mencetak gol penyama kedudukan. Hasil baik didapat pada menit 75.

Memphis Depay yang berada di dalam kotak penalti melepaskan tendangan terukur yang membuat bola bersarang ke dalam gawang Austria. Wasit sempat menganggap ada handball lebih dulu, tapi setelah memantau video assistant referee (VAR), diputuskan gol itu sah.

Cuma lima menit hasil imbang itu bertahan. Karena Austria bisa kembali mencetak gol keunggulan atas Belanda. Kali ini Marcel Sabitzer yang mengukir namanya di papan skor.

Pada menit 83, Austria nyaris menambah keunggulan atas Belanda. Namun wasit menganulir gol dari Christoph Baumgartner karena dari VAR terlihat terjadi offside terlebih dulu.

Sampai wasit meniup peluit panjang, Belanda tak bisa lagi untuk menyamakan kedudukan. Kekalahan ini membuat mereka mengakhiri perjalanan di fase grup dengan finis pada urutan ketiga dengan empat poin.

Empat poin yang penting bagi Belanda. Karena itu sudah cukup membuat mereka lolos ke babak 16 besar EURO 2024 dengan status peringkat ketiga terbaik. Sementara Austria ada di puncak klasemen Grup D dengan enam poin.

Susunan Pemain

Timnas Belanda: Bart Verbruggen; Virgil van Dijk, Stefan de Vrij, Nathan Ake (Micky van de Ven 65'), Lutsharel Geertruida, Jerdy Schouten, Joey Veerman (Xavi Simons 35'), Tijjani Reijnders (Georginio Wijnaldum 65'), Memphis Depay, Cody Gakpo, Donyell Malen (Wout Weghorst 72').

Timnas Austria: Patrick Pentz; Maximilian Wober, Philipp Lienhart (Cristoph Baumgartner 62'), Alexander Prass, Stefan Posch, Marcel Sabitzer, Florian Grillitsch (Leopold Querfeld 64'), Nicolas Seiwald, Marko Arnautovic (Michael Gregoritsch 78'), Patrick Wimmer (Konrad Laimer 63'), Romano Schmid (Andreas Weimann 90+2').

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya