Persipura Tahan Imbang South China

Boaz Solossa
Sumber :
  • wordpress

VIVAnews - Persipura Jayapura sukses mencuri sebiji poin di laga pembuka babak penyisihan Grup H AFC Cup 2011. Melawan klub Hongkong, South China, tim asal Papua ini mampu bermain imbang 1-1.

Tandang ke kandang South China di Stadion Hongkong, Rabu 2 Maret 2011, Persipura lebih dulu unggul lewat gol Boaz Solossa di babak pertama. Namun tim tuan rumah mampu menyamakan kedudukan di babak kedua lewat gol Chan Siu Ki.

Pada pertandingan itu, South China awalnya tampak percaya diri untuk menaklukkan Persipura. Terlebih dengan keberadaan eks pemain Manchester United Nicky Butt dan mantan striker Chelsea Mateja Kezman.

South China juga tampak mendominasi jalannya pertandingan. Namun organisasi pertahanan Persipura terbilang efektif menggagalkan serangan demi serangan yang dibangun South China.

Persipura sendiri hanya mengandalkan serangan balik dengan bertumpu pada kecepatan Rahmat Rivai dan Boaz Solossa di barisan depan. Namun justru stategi itu yang mampu membuahkan hasil di babak pertama.

Pada menit 40, Persipura berhasil unggul 1-0 lewat gol cantik Boaz. Striker kebanggaan Papua ini berhasil memanfaatkan umpan cantik Emmanuel Wanggai sebelum akhirnya mempecundangi kiper South China Yapp Hung Fai. Keunggulan Persipura ini bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, South China langsung tampil menekan untuk mengejar ketertinggalan. Setelah beberapa kali percobaan gagal, South China baru bisa menyamakan kedudukan pada menit 58 lewat gol tandukan Chan Siu Ki memanfaatkan umpan silang Kezman. Skor sama kuat 1-1.

Gol ini langsung melecut semangat tim besutan Chan Ho Yin ini. Persipura dibombardir serangan demi serangan dan hanya mampu sesekali melancarkan serangan balik.

Peluang terbaik South China diperoleh Kezman di menit 73 memanfaatkan bola mati dari Nicky Butt.  Sayang tandukan Kezman masih tipis di atas mistar gawang Persipura yang dikawal Yoo Jae-hun. Alhasil hingga pertandingan usai skor 1-1 ini tak berubah.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Di Grup H ini, selain South China, Persipura juga akan bersaing dengan East Bengal dari India dan wakil dari Thailand Chonburi.

Susunan Pemain
South China:
Yapp Hung Fai, Lee Chi Ho, Poon Yiu Cheuk, Chan Siu Ki, Nicky Butt, Joel Bartoti, Chan Wai Ho, Leung Chun Pong, Kwok Kin Pong, Lau Nim Yat, Mateja Kezman

Persipura: Yoo Jae-hun, Ortizan Solossa, Victor Igbonefo, Bio Paulin, Hamka Hamzah, Ian Kabes, Emmanuel Wanggai, Gerald Pangkali, Boaz Solossa, Zah Rahan, Rahmat Rivai

Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024