5 Fakta Menarik Duel Madrid vs Lyon

Cristiano Ronaldo (putih) dan pemain Lyon Cesar Delgado
Sumber :
  • AP Photo/Christophe Ena

VIVAnews - Real Madrid giliran akan menjadi tuan rumah saat menjamu wakil Prancis Olympique Lyon di babak 16 besar Champions League. Ada beberapa fakta menarik yang akan menjadi bumbu menjelang laga kedua di Santiago Bernabeu, dini hari nanti.

Perseteruan Real Madrid dan Olympique Lyon memang telah mendarah daging. Rekor dan fakta sejarah berada di belakang duel panas nanti. Dan catatan itu akan kembali dilengkapi kedua klub setelah 90 menit adu strategi dan kekuatan.

Madrid dalam enam tahun terahir sepertinya terkunci untuk dapat melewati babak perempat final. Kini tanggung jawab untuk lepas dari kutukan itu akan disampirkan di pundak Jose Mourinho.

Berikut lima fakta menarik yang melatari duel Titanic ini:

1. Rekor Kandang Sempurna Madrid

Catatan mengagumkan Madrid. Musim ini Madrid tak pernah kalah di markasnya Santiago Bernabeu. Bahkan catatan itu juga berlaku di semua kompetisi baik domestik maupun Eropa. Kekalahan terakhir di kandang terjadi pada Oktober 2010 saat Los Blancos takluk 2-0 dari AC Milan di fase grup Champions League.

Madrid juga punya kebanggaan lain dengan catatan kandangnya. Los Blancos berhasil menjadi tim paling produktif dan sedikit kemasukan gol di partai kandang La Liga musim ini. Madrid berhasil mencetak 46 gol dan hanya kemasukan enam gol di hadapan pendukungnya. Catatan itu bahkan mengalahkan pemuncak klasemen sementara La Liga Barcelona saat tampil di Camp Nou. Barca hanya mencetak 38 gol dan telah kemasukan 8 gol.

2. Lyon Licin Ditaklukkan
Lyon datang ke kandang Madrid juga dengan catatan mengagumkan. Raksasa Ligue 1 (Liga Prancis) ini tak terkalahkan dalam tujuh partai terakhir termasuk saat menahan Madrid 1-1 pada leg 1 lalu di Stade Gerland. Di dua laga terakhir Ligue 1, Lyon juga tak kemasukan gol dan berhasil mencetak tujuh gol. Catatan yang memperlihatkan Lyon bagus bertahan dan bernaluri membunuh.

3. Jose Mourinho, The Special One
Lyon boleh tak gentar dengan catatan Madrid. Namun kubu Lyon tentu sadar, Madrid saat ini berbeda. Tak lain dengan keberadaan sang juru taktik mumpuni pada diri Jose Mourinho. Tangan dingin Mourinho tak diragukan lagi. Setiap tim yang dibesutnya selalu menancapkan hegemoni. Terakhir ia memberikan gelar treble buat Inter Milan sebelum akhirnya hijrah ke Madrid.

Mourinho juga punya catatan mengagumkan dalam karier kepelatihannya. Pelatih asal Portugal ini tak pernah tersingkir dari fase knock out di semua kompetisi sejak Agustus 2009. Saat itu Inter takluk dari Lazio di Supercoppa Italia.

4. Real Madrid dan Keuntungan Hasil Leg 1
Madrid punya catatan bagus di leg 2 setelah menuai hasil seri 1-1 di leg 1. Di level Eropa, Los Blancos tak pernah gagal lolos saat mengantongi hasil imbang 1-1 pada leg 1.

*Babak 1 European Cup (1968): Ajax 1-1 Madrid | Madrid 2-1 Ajax
*Perempatfinal European Cup (1983): Inter 1-1 Madrid | Madrid 2-1 Inter
*Perempatfinal European Cup (1989): PSV 1-1 Madrid | Madrid 2-1 PSV
*Perempatfinal UEFA Cup (1992): Sigma Olomuc 1-1 Madrid | Madrid 1-0 Sigma
*Babak 1 EFA Cup (1993): P.Timisoara 1-1 Madrid | Madrid 4-0 P.Timisoara
*Babak 16 besar European Cup (1994): Tirol 1-1 Madrid | Madrid 3-0 Tirol
*Perempatfinal UEFA Champions League (1998): Leverkusen 1-1 Madrid | Madrid 3-0 Leverkusen
*Babak 16 besar UEFA Champions League (2004): Bayern Munich 1-1 Real Madrid | Real Madrid 1-0 Bayern Munich

5. Super Rekor Lyon Lawan Madrid
Mengerucut pada duel Madrid kontra Lyon, justru wakil Prancis yang punya catatan fantastis. Lyon tak punya noda saat bersua Madrid. Lyon tak pernah mengalami kekalahan sekalipun dari Madrid dalam tujuh laga pertemuan keduanya. Inilah yang akan menjadi suntikan semangat pasukan Claude Puel menghadapi laga ini.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024