Barcelona Gilas Shakhtar Donetsk

Andres Iniesta
Sumber :
  • yahoosport

VIVAnews - Barcelona mengawali leg pertama babak perempat final Liga Champions dengan manis setelah menang dengan skor besar saat menjamu tamunya Shakhtar Donetsk di Stadion Camp Nou, Rabu, 6 April 2011.

Barca menang dengan skor telak 5-1. Lima gol Barcelona dicetak oleh Andrés Iniesta (2'), Dani Alves (34'), Gerard Piqué (53'), Seydou Keita (60'), Xavi (86'). Sedangkan gol semata wayang Shakhtar dicetak oleh Yaroslav Rakitskiy (59').

Dengan hasil ini, Barcelona mempunyai peluang besar untuk lolos ke babak semifinal Liga Champions. Barcelona akan kembali bertemu dengan Shakhtar pada leg kedua di Stadion Donbass Arena, 12 April 2011.

Jalannnya pertandingan

El Barca unggul terlebih dahulu oleh gol cepat Andrés Iniesta saat laga baru berjalan dua menit. Gol berawal terjadi berkat aksi individu Lionel Messi yang membawa bola ke jantung pertahanan Shakhtar, dengan tenang Messi mengumpan bola ke arah Iniesta.

Tidak membuang kesempatan, gelandang asal Spanyol itu langsung melesakkan bola ke gawang Shakhtar yang dijaga kiper Andriy Pyatov. 1-0 sementara untuk keunggulan Barcelona.

Unggul satu gol langsung membuat permainan Barcelona semakin menggila. Lewat Xavi Hernandez, Barcelona terus mengembangkan irama permianan dan menguasai jalannya pertandingan untuk terus menekan tim tamunya.

Dengan menguasai jalannya pertandingan, Barcelona sukses memperpesar keunggulan pada menit ke-34. Kali ini giliran Dani Alves yang merobek gawang Pyatov. Gol terjadi berkat kerjasama dengan Iniesta lewat umpan terobosannya. Hingga turun minum, skor 2-0 untuk keunggulan Barcelona.

Memasuki babak kedua, Barcelona belum puas dengan dua gol. Pasukan Pep Guardiola tetap tampil menyerang di paruh kedua. Saat laga baru berjalan menit ke-53, Barcelona kembali memperbesar keunggulan menjadi 3-0 berkat gol Gerard Pique. Gol Pique terjadi berkat umpan manis dari Xavi.

Tertinggal tiga gol, tim tamu mencoba untuk memperkecil kedudukan. Upaya Shakhtar akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-59. Gol dicetak oleh Yaroslav Rakitskiy.

Satu menit kemudian, Barcelona langsung membalas gol Yaroslav ke gawang Valdes. Kali ini giliran Seydou Keita yang menyumbang gol bagi Barcelona dan mengubah kedudukan menjadi 4-1 untuk keunggulan Barca. Gol terjadi berkat umpan Messi.

Empat menit sebelum laga usai, Barcelona kembali memperbesar keunggulan menjadi 5-1 berkat gol Xavi pada menit ke-86. Hingga laga usai skor 5-1 untuk keunggulan Barca tidak berubah.

Susunan pemain

Barcelona: Valdes, Dani Alves, Pique, Busquets, Adriano Correia (Maxwell 77'), Xavi, Mascherano, Keita, Villa (Pedro 70'), Iniesta, Messi.

Shakhtar Donetsk: Pyatov, Srna, Ischenko, Rakitskiy, Rat, Hubschman (Eduardo 83), Mkhitaryan, Douglas Costa, Jadson (Fernandinho 70'), Willian (Alex Teixeira 75'), Luiz Adriano.

Qualcomm Snapdragon X Plus, Chipset Pendukung Laptop AI
Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) mengadili kasus pelanggaran etik

Hakim Guntur Hamzah Tak Terbukti Langgar Kode Etik Meski Punya Jabatan di Asosiasi Pengajar HTN

Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) menyatakan Hakim Konstitusi M. Guntur Hamzah tak terbukti melanggar kode etik dan perilaku hakim konstitusi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024