Barcelona ke Semifinal dengan Agregat 6-1

David Villa & Lionel Messi
Sumber :
  • Sportsmail

VIVAnews - Barcelona mencetak hasil meyakinkan untuk lolos ke semifinal Liga Champions dengan melewati wakil Ukraina, Shakhtar Donetsk.

Dua kemenangan dengan agregat 6-1 cukup menggambarkan keperkasaan Barca. Tim Catalan ini menunggu pemenang antara Real Madrid dan Tottenham Hotspur di semifinal.

Penyebab Juara Bertahan Bandung bjb Tandamata Takluk di Laga Perdana Proliga

Kemungkinan besar, Barca akan bersua rival bebuyutan Real Madrid yang sudah unggul 4-0 di leg 1. Madrid baru menjalani leg 2 di kandang Spurs, Kamis dini hari WIB, 14 April 2011.

Barca mencetak agregat 6-1 berkat kemenangan 5-1 di leg 1 dan 1-0 di kandang Shakhtar, Donbass Arena di leg 2. Lionel Messi yang puasa gol di leg 1, kali ini unjuk gigi dengan mencetak gol semata wayang Barca di menit 43.

Sejak awal pertandingan, sebenarnya Shakhtar menunjukkan gairah permainan luar biasa dengan terus menekan Barca. Kombinasi duet Douglas Costa dan Jadson berkali-kali melahirkan peluang bagi Shakhtar.

Tapi, sekali Barca melahirkan peluang yanmg dimotori Ibrahim Afellay, seketika permainan berbalik arah. Shakhtar gantian tertekan dan Barca berada di atas angin.

Gol Barca pun seolah tinggal menunggu waktu, dan Messi menjadi pemecah kebuntuan itu. Gol Messi menjadi gol semata wayang di babak I.

Di babak II, Messi nyaris menggandakan keunggulan Barca di menit 59. Striker mungil ini sukses melompat dan melewati dua kali tekel para pemain Shakhtar. Messi yang tak egois lalu mengumpan ke Afellay yang lebih bebas.

Sepakan keras Afellay masih bisa digagalkan kaki kiper Shakhtar, Andriy Pyatov. Bola rebound mengarah ke Dani Alves. Sayangnya, tendangan Alves off target.

Sebaliknya, Shakhtar nyaris menyamakan kedudukan di menit 73. Lagi-lagi kiper Barca, Victor Valdes bermain brilian menyelamatkan gawangnya dari gempuran Henrikh Mkhitaryan.

Lagi-lagi, Messi mengancam gawang Pyatov di menit 80. Bola sepakan Messi sukses dihalau kiper, tapi mengerah ke Pedro. Sayangnya, tendangan Pedro melambung di atas mistar.

Peluang terbaik Shakhtar dimiliki striker pengganti Marcelo Moreno di menit 83. Bukannya mengonversinya menjadi gol, tendangan Moreno malah melebar.

Keunggulan Barca 1-0 tak berubah sampai wasit Florian Meyer (Jerman) meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan. Barca siap menyongsong semifinal dan bersua Real Madrid 26 atau 27 April dan 3 atau 4 Mei 2011.

SUSUNAN PEMAIN
SHAKHTAR:
Pyatov, Kobin, Ischenko, Rakitskiy, Shevchuk, Hubschman (Fernandinho 75'), Mkhitaryan, Douglas Costa (Eduardo 58'), Jadson, Willian, Luiz Adriano (Moreno 66')
Cadangan: Khudzamov, Gai, Alex Teixeira, Kryvtsov

BARCELONA: Valdes, Dani Alves, Busquets, Pique (Milito 70'), Adriano Correia, Xavi (Pedro 66'), Mascherano, Keita, Afellay, Messi, Villa (Jeffren 75'). Cadangan: Pinto, Maxwell, Fontas, Thiago

Laporkan Albertina Ho ke Dewas KPK, Nawawi: Itu Sepenuhnya Sikap Nurul Ghufron
Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat, Jumat, 26 April 2024

PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Kaesang menyambut baik langkah PKB dan Nasdem yang merapat ke kubu Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024