Jepang Putuskan Ikut Copa America

Timnas Jepang
Sumber :
  • yahoosport

VIVAnews - Jepang akhirnya menarik lagi keputusannya mundur dari Copa America Argentina 2011. Setelah melewati berbagai pertimbangan, Jepang bersedia berpartisipasi pada ajang kompetisi sepakbola bergengsi Amerika Latin itu.

Keikutsertaan Jepang pada kejuaraan empat tahunan ini adalah sebagai tamu undangan. Di samping Jepang, ada Meksiko yang juga ikut sebagai undangan.

Sebelumnya, bencana gempa dan tsunami yang menimpa negeri Sakura itu membuat pihak Asosiasi Sepakbola Jepang (JFA) menarik diri dari Copa America (CA). Bencana yang juga menyebabkan bocornya PLTN di sana bahkan membuat kompetisi J-League tertunda hingga lima pekan.

"Kami akan ambil bagian dengan memanggil sejumlah pemain yang merumput di luar negeri untuk meminimalisir dampak non-aktifnya J-League," ujar direktur teknik JFA, Hiromi Hara pada Japanese Media seperti dikutip The World Game.

Dia setuju juara Asia itu akan berpartisipasi nanti. Namun, ia meminta Konfederasi Sepakbola Amerika Selatan (CONMEBOL) beserta Asosiasi Sepakbola Argentina (AFA) untuk membantu bernegosiasi dengan pihak klub agar mau mengizinkan pemainnya membela Jepang.

Seperti diketahui, banyak pemain Jepang yang berkarir di Eropa. Sementara, CA tahun ini diadakan pada 1-24 Juli, di saat klub-klub Eropa bersiap menghadapi musim baru.

Inilah yang menjadi pertimbangan Jepang untuk kembali menerima undangan untuk ikut dalam kejuaraan di Argentina itu. Jika, pihak CONMEBOL bisa membantu mendapatkan pemain-pemainnya yang bermain di Eropa.

Copa America 2011 akan berlangsung di Argentina dengan 12 peserta, termasuk Jepang. Awalnya, Spanyol dipilih untuk menggantikan Jepang yang mundur, tapi juara dunia itu menolak. Pihak CONMEBOL pun beruntung karena akhirnya Jepang bersedia ikut meski dengan syarat.

Jepang berada satu grup bersama tuan rumah Argentina, Bolivia, dan Kolombia di grup A. Sementara juara bertahan CA, Brasil berada di grup B yang relatif ringan bersama Paraguay, Venezuela, dan Ekuador. Grup yang cukup berat ada di grup C yang akan mempertemukan Chile, Meksiko, Peru dan Uruguay.  (World Game)

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu
Viral Video Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Viral Video Transformasi Makeup Pengantin Jadi Sorotan Netizen

Makeup pengantin adalah tata rias khusus yang dirancang untuk mempercantik dan menyempurnakan penampilan seorang pengantin pada hari pernikahannya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024