AFC Cup

Wasit Kontroversial Pimpin Laga Persipura

Pertandingan Persipura melawan East Bengal
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Persipura Jayapura akan bertandang ke markas Chonburi FC di Thailand dalam lanjutan AFC Cup, Selasa 26 April 2011. Wasit pemimpin laga ini pun sudah ditunjuk dan diumumkan lewat situs resmi AFF, Minggu 24 April 2011.

Terpilih sebagai pengadil adalah wasit asal Jepang, Sato Ryuji. Dia akan dibantu dua hakim garis yang berasal dari Jepang dan Singapura, Nagi Toshiyuki dan Lee Tzu Liang. Sedangkan wasit keempat berasal dari Myanmar, Win Htut.

Namun, Ryuji punya catatan kurang berkesan selama jadi pengadil pertandingan berkelas internasional. Kepemimpinannya dikeluhkan pelatih timnas Thailand di Piala AFF 2010, Bryan Robson.

Saat itu, Robson mempertanyakan keputusan Ryuji yang memberi hukuman dua penalti pada anak asuhnya ketika melawan Indonesia di babak penyisihan grup. Sebab, keputusan itu berujung dengan kekalahan 1-2 anak asuh Robson.

"Wasit tidak cukup baik pada kami kali ini. Kami harusnya mendapat penalti di babak pertama, tetapi wasit tak melihatnya," ujar Robson saat itu.

"Namun di babak kedua, justru dua penalti didapat Indonesia. Bahkan saat bola sudah membentur tiang, wasit masih bisa melihat penalti itu," keluhnya lagi.

Terlepas dari kepemimpinan Ryuji, pertandingan antara Chonburi versus Persipura bersifat vital mengingat pemenang partai tersebut akan jadi pemuncak grup H.

135 Purnawirawan TNI-Polri Ajukan Amicus Curiae ke MK Terkait Sengketa Pilpres

Tim Mutiara Hitam -julukan Persipura- saat ini menjadi pemimpin klasemen dengan poin tujuh dari tiga pertandingan. Chonburi menyusul di tempat kedua dengan poin empat.

Persipura menuai dua kemenangan dan hanya sekali imbang. Salah satu kemenangan Persipura bahkan diraih dari Chonburi saat menjadi tuan rumah di Stadion Mandala, Jayapura, 13 April lalu. Saat itu, pasukan Jacksen F Tiago menang mutlak 3-0.

Toyota Land Cruiser 250

Toyota Luncurkan Land Cruiser Versi Tangguh, Harga Lebih Murah

Toyota kembali menghadirkan mobil off-road legenda mereka, Land Cruiser.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024