Redam Barca, Ferguson Siapkan 4-4-2 & 3-4-3

Sir Alex Ferguson
Sumber :
  • AP Photo/Claudio Cruz

VIVAnews - Manajer Manchester United, Sir Alex Ferguson menyiapkan dua formula strategi saat menghadapi Barcelona di final Liga Champions di Stadion Wembley, London, Sabtu 28 Mei 2011.

Pola formasi dasar MU yakni 4-4-2 tampaknya tetap akan dipakai di awal pertandingan. Menurut The Daily Telegraph, MU diprediksi akan memasang pemain starter seperti saat mengalahkan Schalke di Jerman pada semifinal lalu.

Seperti biasa, Ferguson juga akan menjabarkan varian pola ini menjadi 4-4-1-1 dimana Wayne Rooney akan bermain di belakang Javier 'Chicharito' Hernandez. Rooney akan bergerak lebih ke dalam membantu pertahanan serta menjadi perebut bola saat Barca menguasai bola.

Sedangkan formasi 3-4-3 akan menjadi 'senjata rahasia' yang disiapkan Ferguson untuk MU. Strategi radikal ini diharapkan menjadi antidot Barca saat MU dalam posisi tertinggal.

Pola ini beberapa kali dicoba Ferguson dalam latihan MU, melibatkan semua pemain inti dan cadangan. Michael Owen pernah bilang disuruh untuk berperan sebagai David Villa. Sedangkan Paul Scholes menjadi Andres Iniesta dan Luis Nani sebagai Lionel Messi. Rata-rata, mereka disuruh untuk menirukan pergerakan semua pemain Barca itu.

Di lini belakang, Chris Smalling akan menjadi cadangan di awal laga. Tapi, jika Ferguson memutuskan untuk memakai pola 3-4-3, maka Smalling akan membentuk trio bek bersama Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic.

Dengan strategi itu, Ferguson akan mengorbankan Park Ji-sung untuk diganti dengan Smalling. Sedangkan bek sayap kanan Fabio Silva dan Patrice Evra naik ke tengah bersama Ryan Giggs dan Michael Carrick/Darren Fletcher. Kuartet ini akan berada di belakang trio penyerang Rooney, Hernández dan Antonio Valencia.

Koalisi Perubahan Selesai, Surya Paloh Tetap Ingin Bina Hubungan Baik Dengan PKS
Anwar Fuady

Gak Betah Jadi Duda, Anwar Fuady Bakal Nikah Lagi di Umur 77 Tahun

Anwar Fuady berharap, Wiwiet Tatung akan menjadi wanita terakhir yang mendampinginya sampai tutup usia.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024