Empat Anggota FIFA Tak Terbukti Korupsi

Markas FIFA di Zurich
Sumber :
  • guardian

VIVAnews - Tim independen FIFA tidak menemukan bukti-bukti keterlibatan empat anggota komisi eksekutif menyusul tuduhan eks presiden FA Inggris, Lord Triesman, telah menerima suap saat kampanye pemilihan tuan rumah Piala Dunia 2018/2022 akhir tahun lalu. Sebabnya, FIFA menghentikan upaya pengusutan atas empat anggotanya itu.

Sebelumnya, Triesman menuduh Jack Warner, Nicolas Leoz, Ricardo Teixeira, dan Worawi Makudi meminta sejumlah imbalan atas hak suara mereka saat pemilihan tuan rumah Piala Dunia. Tetapi setelah menggelar penyelidikan independen FIFA dan juga dari FA, tidak menemukan bukti-buktinya.

"Keempatnya bersih dari tuduhan," kata Sekretaris Jenderal FIFA Jerome Valcke seperti yang dilaporkan FIFA dalam situs resminya.

Pelat Nomor Kendaraan Hilang, Ini Cara dan Biaya Bikin Barunya

Karena itu, ia meminta agar FIFA setuju mengumumkannya secara publik karena semua orang yang dituduhkan sepenuhnya bersih dari tuduhan yang disangkakan David Triesman beberapa waktu lalu.

Ia pun menyatakan senang atas laporan FA yang tidak hanya meninjau laporan Triesman saja, tetapi, orang-orang yang terlibat dalam kampanye Inggris seperti David Dein, Simon Johnson, dan Andy Anson.

Salah satu tuduhan Triesman adalah permintaan Jack Warner untuk dana sebesar lebih dari US$4 juta untuk membangun pusat pendidikan di Trinidad & Tobago serta US$800 ribu untuk membeli hak siar Piala Dunia di Haiti.

"[Wakil presiden FA] Dave Richards mengatakan tidak pernah mendengar Jack Warner pernah meminta uang atau meminta pengiriman sejumlah dana ke rekeningnya," tukas Valcke. (sj)

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK, Dian Ediana Rae.

Hasil Uji Ketahanan OJK: Perbankan Masih Bisa Mitigasi Pelemahan Rupiah

OJK menilai bahwa risiko yang dihadapi industri perbankan nasional akibat penguatan dolar Amerika Serikat (AS) beberapa waktu ini masih dapat dimitigasi dengan baik.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024