FIFA Cabut Skorsing Brunei dan Bosnia

Logo FIFA (Federasi Sepakbola Dunia)
Sumber :

VIVAnews - Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) secara resmi telah mencabut skorsing kepada dua asosiasi sepakbola Brunei Darussalam dan Bosnia-Herzegovina. Hal ini diputuskan dalam Sidang Komite Eksekutif (Exco), Senin 30 Mei 2011 dan dibacakan langsung oleh Presiden FIFA, Joseph 'Sepp' Blatter.

"Kami telah mencabut sanksi Bosnia dan juga Brunei. Untuk Brunei, asosiasi mereka kini punya nama baru," kata Blatter dalam jumpa pers lewat video streaming langsung dari markas FIFA, Zurich, Swiss, Senin malam WIB.

Federasi Sepakbola Bosnia-Herzegovina (FFBH) mendapatkan sanksi pembekuan dari FIFA sejak 31 Maret 2011. Penyebabnya, FFBH memiliki tiga presiden federasi sekaligus.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024

FIFA membebaskan FFBH dari sanksi karena telah menyelesaikan permasalahannya. Artinya, Bosnia hanya dikenai sanksi selama 2 bulan.

Sedangkan Brunei kini memiliki federasi sepakbola baru bernama NFABD. Dulu federasi itu bernama BAFA. Brunei mendapatkan sanksi dari FIFA akibat intervensi Kerajaan Brunei.

Skorsing dijatuhkan FIFA pada 30 September 2009. Tak hanya itu, Brunei juga dicoret dari keanggotaan FIFA sejak 19 Maret 2010. Skorsing dicabut setelah Komite Darurat FIFA turun tangan dan membentuk Federasi Sepakbola Brunei sesuai Statuta FIFA. Total, Brunei terkena skors selama 20 bulan.

Sidang Exco juga membahas krisis di sepakbola Indonesia (PSSI). FIFA memberikan deadline kepada Komite Normalisasi untuk menggelar Kongres PSSI paling lambat 30 Juni. Jika gagal menggelar Kongres seperti di Pekanbaru dan Jakarta, Indonesia otomatis terkena skorsing FIFA per 1 Juli 2011.

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024