Daftar Pelatih-pelatih Muda Tersukses

Andre Villas Boas
Sumber :
  • thefootyblog.net

VIVAnews - Luis Enrique telah resmi akan melatih AS Roma musim depan. Mantan pelatih Barcelona B ini tentu punya ambisi masuk dalam daftar pelatih muda tersukses saat usianya baru 41 tahun.

Roma akan menjadi perahu bagi Enrique untuk coba mengikuti pencapaian fantastis Pep Guardiola bersama Barcelona atau Andre Villas-Boas di FC Porto. Enrique datang ke Roma menggusur pelatih muda lainnya, Vincenzo Montella. Montella sendiri kini harus rela terdampar melatih klub gurem, Catania.

Nah, tentu tak salah untuk melihat beberapa nama pelatih muda di bawah 45 tahun yang dianggap sukses dalam karirnya. Berikut ini 5 nama yang masuk daftar:

1. Markus Babbel (38 tahun)
Pria Jerman ini mulai dikenal setelah sukses membawa Stuttgart ke posisi tiga Bundesliga musim 2008-2009. Ia juga mengantar Stuttgart ke 16 besar Champions League. Desember 2009, ia meninggalkan Stuttgart dan berlabuh ke Hertha Berlin. Die Alte Dame sukses di bawa Babbel promosi ke Bundesliga musim depan.

2. Laurent Blanc (45 tahun)
Blanc mengawali karir pelatihnya di Bordeaux pada Juni 2007. Performa legenda Prancis ini langsung mengundang decak kagum setelah di musim pertamanya bersama The Girondins berhasil menjadi runner up Ligue 1 atau Liga Prancis. Dan di musim keduanya, ia sukses membawa Bordeaux merebut dua gelar, Ligue 1 dan Coupe de la Ligue. Tahun 2010, Blanc dipercaya melatih timnas Prancis menggantikan Raymond Domenech.

3. Didier Deschmps (42 tahun)
Deschamps melatih AS Monaco pada 2001 dan satu tahun kemudian langsung memberikan gelar Ligue 1. Deschamps juga menjadi sutradara penampilan gemilang AS Monaco mencapai final Champions League 2004. Sayangnya ia harus kalah dari FC Porto yang saat itu ditukangi Jose Mourinho. Pada 2006 ia kembali ke Juventus untuk mengangkat bekas klubnya itu ke Serie A. Saat itu Juve bermain di Serie B karena tersandung skandal Calciopoli. Sukses membawa Juve ke Serie A, pada 2009, ia kembali ke Prancis dan melatih Olympique Marseille. Hebatnya, Deschamps sukses memberikan gelar Ligue 1 pertama bagi Marseille dalam kurun waktu 18 tahun terakhir.

4. Pep Guardiola (40 tahun)
Peruntungan Guardiola dimulai pada 2008 silam saat ia menggantikan tempat Frank Rijkaard. Saat itu tak ada yang membayangkan Guardiola akan merengguk kesuksesan seperti saat ini. Tiga gelar La Liga secara beruntun berhasil disabet Guardiola. Ia juga mempersembahkan dua trofi Champions League dan satu Copa del Rey. Puncak Guardiola pada 2009 dimana ia tercatat sebagai pelatih yang sukses menyapu bersih enam gelar dalam satu tahun.

5. Andre Villas-Boas (33 tahun)
Setelah era Jose Mourinho, Portugal punya pelatih muda pada diri Andre Villas-Boas. Keberhasilan Porto menjadi jawara Europa League tahun ini berhasil mencatatkan nama Boas sebagai pelatih termuda yang memenangkan trofi ini. Gelar itu melengkapi dua gelar yang diraih Porto di Liga Portugal dan Piala Portugal. Hebatnya, gelar treble ini dilakukan di musim pertama Boas bersama The Dragons. (adi)

Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti
Drama  Sungkyunkwan Scandal

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!

Pada 2010, drama Korea Sungkyunkwan Scandal meraih kesuksesan yang luar biasa di kalangan penonton. Namun, seiring berjalannya waktu, drama ini mulai sulit ditonton

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024