Alasan Duel Argentina vs Uruguay Layak Final

Lionel Messi di Copa America 2011
Sumber :
  • AP Photo/Natacha Pisarenko

VIVAnews - Duel Argentina melawan Uruguay di perempatfinal Copa America dipastikan akan berlangsung panas. Bahkan ada alasan kuat untuk menempatkan duel ini bak laga final bagi kedua negara.

Dalam sejarah Copa America, Uruguay dan Argentina memang menjadi dua negara tersukses. Keduanya sama-sama mengoleksi 14 gelar sejak turnamen ini pertama kali digelar pada 1916. Karenanya, mereka akan saling menyingkirkan demi memburu angka 15.

Tak hanya itu, dua negara ini juga punya catatan head to head yang sama kuat. Argentina 13 kali mengalahkan Uruguay namun juga 13 kali ditekuk Uruguay. Dengan kata lain, pemenang laga ini akan menegaskan siapa yang mendominasi dalam sejarah pertemuan dua tim tersebut.

"Pertandingan ini akan menarik seluruh penjuru dunia. Kedua negara punya 14 gelar dan pemenang akan terus bertahan untuk memenangkan yang ke-15," ujar striker veteran Uruguay, Sebastian Abreu, seperti dilansir yahoosport.

Selain catatan sejarah di atas, kedua negara juga punya tambahan semangat untuk mengangkat trofi termegah di Amerika Latin itu. Sebab, baik Argentina maupun Uruguay telah lama tak merasakan gelar ini.

Uruguay terakhir kali mengangkat trofi Copa America pada 1995. Argentina bahkan lebih lama,  terakhir kali Tim Tango mengangkat trofi ini pada 1993. Namun,  pada pertemuan terakhir yakni di Copa America 2002 di Peru, Argentina berhasil menekuk Uruguay 4-2.

Argentina memang sedikit diunggulkan dari tim besutan Oscar Tabarez. Selain menyandang status sebagai tuan rumah, Argentina juga punya pemain terbaik dunia saat ini, Lionel Messi. Hal itu juga disadari para pemain Uruguay.

"Messi dapat menciptakan banyak masalah bagi kami. Tapi senangnya, kami juga dapat melakukan banyak hal untuk mencegah Messi seperti yang dilakukan tim lain," ujar Tabarez.

Ini Pemain Korea Selatan yang Perlu Diwaspadai Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Melihat pertandingan terakhir Argentina, pelatih Sergio Batista sepertinya akan kembali menurunkan striker Gonzalo Higuain sebagai starter. Terbukti, masuknya striker Real Madrid ini mampu membuat Messi lebih nyaman bermain sebagai playmaker saat Argentina menekuk Kosta Rika 3-0 di penyisihan Grup A. Urugay sendiri datang sebagai jawara Grup C.

Shandy Aulia

5 Artis Cantik Warisi Darah Biru, dari Sumedang Larang hingga Mangkunegaran

Banyak selebriti Indonesia memiliki latar belakang keturunan bangsawan atau keturunan dari keluarga kerajaan. Para keturunan ini kerap disebut sebagai pewaris darah biru.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024