Rijsbergen Sembunyikan Komposisi Pertahanan

Latihan Terakhir Timnas Jelang Laga Melawan Turkmenistan
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Indonesia berhasil menahan imbang 1-1 Turkmenistan di leg pertama, Pra Piala Dunia (PPD) 2014 zona Asia, Sabtu, 23 Juli 2011. Meski demikian, Pelatih Timnas Wim Rijsbergen masih punya pekerjaan rumah, yakni membenahi lini belakang Merah Putih.

Bertanding di kandang Turkmenistan, Firman Utina dan kawan-kawan sempat kebobolan lebih dulu. Tendangan menyusur tanah Vyacheslav Krendelev pada menit ke-10 gagal dibendung oleh kiper timnas, Fery Rotinsulu.

Indonesia menyamakan kedudukan lewat M Ilham pada menit ke-29. Memanfaatkan kemelut di depan gawang Turkmenistan, pemain Persija itu berhasil merubah skor menjadi 1-1 dan bertahan hingga laga usai.

Meski berhasil membawa pulang hasil seri, permainan timnas masih menyisakan celah di lini belakang. Beberapa kali duet, Ricardo Salampessy dan M Roby kecolongan saat berusaha membendung penetrasi yang dilakukan penyerang lawan.

"Itu wajar terjadi. Soalnya tim ini masih baru. Masih butuh waktu untuk penyesuaian," kata mantan pemain timnas Anjas Asmara.

"Lini belakang masih bisa dibenahi. Apalagi Hamka Hamzah kabarnya sudah mulai pulih," lanjut Anjas.

Ditemui terpisah, Pelatih Timnas, Wim Rijsbergen, menolak mengomentari penampilan lini belakang timnya. Menurutnya, hasil evaluasi yang dilakukan bukanlah konsumsi media.

"Saya tidak membicarakan mengenai penampilan pemain belakang saya kepada wartawan. Saya tidak ingin memberikan komentar apakah mereka baik atau tidak," kata Wim usai memimpin para pemainnya latihan di SUGBK, Senayan, Senin, 25 Juli 2011.

"Saya hanya berbicara kepada pemain secara langsung mengenai penampilannya di lapangan. Tapi saya tidak akan berkomentar soal ini." tambahnya.

Saat bertandang ke Turkmenistan, Tim Merah Putih membawa tiga bek tengah. Masing-masing adalah Ricardo Salampessy, M Roby, dan Gunawan Dwi Cahyo. Sedangkan Wahyu Wijiastanto yang gagal berangkat karena masalah visa.

Pada leg kedua yang digelar di SUGBK, KamisĀ  nanti, bakal punya lebih banyak pilihan. Selain Wahyu, pelatih asal Belanda tersebutĀ  juga masih memiliki bek tangguh, Hamka Hamzah. Di leg pertama Hamka absen karena cedera.

Viral Obrolan Lawas Billy Syahputra dengan Chandrika Chika, Ibunya Singgung Soal Narkoba
Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Nusron Wahid.

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa

Politikus Partai Golkar, Nusron Wahid mengaminkan jika Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming Raka bergabung ke Partai Golkar.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024