Hadapi City, Lippi Beri Petuah pada Napoli

Pelatih Timnas Italia, Marcello Lippi
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Eks pelatih timnas Italia, Marcello Lippi yakin klub asal Italia Selatan, Napoli dapat berbicara banyak dalam Liga Champions musim ini. Meski tergabung di Grup neraka, Lippi optimis Il Partenopei -julukan Napoli- dapat mampu melewatinya asalkan memiliki kepercayaan diri tinggi dalam berlaga.

Napoli bergabung di Grup A Liga Champion musim ini bersama raksasa Jerman Bayern Muenchen, klub asal Spanyol Villareal, dan klub ambisius asal Inggris, Manchester City. Il Azzuri -julukan lain Napoli- akan menjalani ujian pertama dengan menghadapi Manchester City di laga pembuka Grup A pada Kamis dini hari WIB, 15 September 2011.

"Tidak diragukan lagi, ini (Grup A) adalah grup yang tersulit dari semua yang ada. Tapi Napoli harus memiliki keyakinan dan kepercayaan diri untuk memanfaatan kesempatan yang ada. Klub ini telah melakukan penambahan skuad dengan baik di bursa transfer dan saat ini kemampuan klub telah berkembang," ujar Lippi.

Lippi tidak memungkiri jika Napoli masih minim pengalaman berlaga di turnamen internasional. Tapi menurutnya hal tersebut dapat tertutupi dengan membangkitkan antusiasme dan gairah skuad Napoli dalam melakoni laga sengit. "Ketiadaan pengalaman di level ini dapat diatasi dengan rasa antusias dan gairah (para pemain Napoli)," ujar pelatih Italia saat meraih Piala Dunia 2006 itu.

Mengenai profil City yang akan menjadi calon lawan pertama Napoli, Lippi menilai kemampuan kedua kubu seimbang. Dengan demikian keduanya memiliki kesempatan untuk memenangkan laga. "Penyerang Man City memang sangat kuat. Tetapi Napoli juga memiliki kemampuan menyerang yang sama dengan mereka," ujar Lippi.

"Manchester City memang adalah tim yang hebat dengan memimpin klasemen Liga Premier saat ini, namun Napoli saat ini juga dianggap sebagai skuad hebat," lanjutnya mantan pelatih Juventus ini.

"Ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Tetapi tidak mustahil (Napoli dapat menang) walau saat ini Man City telah menjelma menjadi salah satu klub yang paling ditakuti di Eropa," tandas Lippi.

Marcello Lippi sendiri merupakan salah satu pelatih tersukses di Liga Champions. Selama karirnya sebagai pelatih, pria berusia 63 tahun ini mampu membawa Juventus empat kali mencapai babak final. Tapi sayangnya, Lippi hanya sekali merasakan manisnya meraih gelar paling bergengsi level Eropa ini, yaitu di tahun 1996 dengan menaklukkan Ajax Amsterdam.

Trent Alexander-Arnold Siap Bangkitkan Juara Liverpool
Banjir melanda provinsi Guangdong, China

China Dilanda Banjir Bandang, 4 Orang Tewas dan 10 Hilang

Banjir melanda provinsi Guangdong di China selatan, usai hujan badai yang deras melanda selama akhir pekan lalu, dan menewaskan sedikitnya empat orang ketika air meluap m

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024