Inilah Kunci Sukses Australia ke Piala Dunia

Skuad Australia
Sumber :
  • abc

VIVAnews - Tim nasional Australia sukses tampil di putaran final Piala Dunia 2006 dan 2010. Revolusi yang dilakukan Federasi Sepakbola Australia (FFA) telah mengantarkan Socceroos ke even paling bergengsi dunia.

Hal ini diungkapkan oleh Dr Fadi Ma'ayah, selaku pelatih dan instruktur FFA, dalam Seminar Strategic Planning yang diselenggarakan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) di Senayan, Selasa 13 September 2011.

Menurutnya, sebelum 2004, kompetisi sepakbola nasional Australia belum setangguh saat ini, yang bernama 'A-League'. FFF sempat menjadi bagian Oseania, sebelum bergabung dengan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC).

Ma'ayah menambahkan, sejak memiliki perencanaan pengembangan sepakbola jangka panjang, kemajuan prestasi timnas Australia cukup pesat. Terbukti dengan lolosnya Socceroos ke putaran final 2006 dan 2010 lalu.

"Kami menerapkan pengembangan pemain elit dan berbakat, serta mengadakan kompetisi tingkat nasional (Huindai A-League), kemudian membangun kerjasama dengan negara-negara Asia," kata Ma'ayah kepada peserta seminar.

Selain itu, menurut Ma'ayah, FFA juga memiliki rangka kerja strategic planning. Rangka tersebut terdiri dari empat pilar utama, yakni timnas yang luar biasa, A-League, pengembangan sepakbola, dan event-event besar.

Sementara itu, Hallam Pereira, selaku Internasional Project Director Departemen Olahraga dan Rekreasi Australia Barat, menyarankan agar Indonesia menggunakan sistem yang diterapkan negaranya. Pereira menyayangkan potensi penduduk Indonesia yang jauh lebih besar dibanding Australia.

"Indonesia memiliki 200 juta lebih penduduk, sedangkan penduduk Australia hanya 20 juta. Potensi penduduk Indonesia sangat tinggi, tapi output (prestasi) rendah, sementara potensi kami rendah tapi output tinggi," tutur Pereira.

Australia terbilang sukses mempertahankan prestasi timnas, yang lolos ke putaran final dua Piala Dunia terakhir. Sedangkan Indonesia, belum sekalipun tembus sejak terakhir kali pada 1938 silam.

1 Poin dari Markas Persib Cukup Membuat Bhayangkara FC Bersyukur
Game MMORPG Tarisland.

Game MMORPG Tarisland Siap Menggebrak, Ada Streamer Indonesia

Nimo secara khusus mengundang game MMORPG Tarisland yang sangat dinantikan-nantikan. Para tamu yang diundang, di antaranya streamer Depinaa dari Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024