Wenger Dinilai Cocok Latih Timnas Inggris

Robin van Persie (kiri) dan Arsene Wenger saat Arsenal melawan Bolton
Sumber :
  • REUTERS/Eddie Keogh

VIVAnews - Mantan pelatih tim nasional Inggris, Sven Goran Eriksson, menilai Arsene Wenger cocok melatih tim nasional Inggris menggantikan Fabio Capello.

Banyak pihak yang mendukung manajer Tottenham Hotspur, Harry Redknapp, untuk menjadi suksesor Capello di timnas Inggris. Namun, Eriksson menilai sosok yang lebih tepat untuk menangani The Three Lions adalah manajer Arsenal, Arsene Wenger.

"Orang-orang membicarakan Harry Redknapp sebagai pilihan utama. Tapi, saya yakin jika FA bisa mendapatkan Wenger, maka mereka akan melakukannya. Saya yakin Anda tidak akan menganggap Wenger sebagai pelatih asing setelah lama di Inggris," ujar Eriksson seperti dilansir The Sun.

"Bagi saya, tidak masalah apakah dia dari Inggris atau bukan. Apa pun kebangsaannya, dia akan tetap mengalami masa sulit jika tidak mencapai babak semifinal. Mencapai perempat final saja tidak cukup," lanjutnya.

Jika terpilih sebagai pelatih timnas Inggris, Eriksson yakin Wenger bisa membawa St George Cross tampil cantik dan mengedepankan pemain-pemain muda. Sama seperti yang diterapkannya di Arsenal.

Eriksson sendiri tidak terlalu sukses menangani Inggris. Pelatih asal Swedia itu hanya mampu membawa Inggris melangkah hingga babak perempatfinal di tiga turnamen besar, Piala Dunia 2002, Piala Eropa 2004, dan Piala Dunia 2006.

"Ketika saya di sana, ada isu besar, karena saya pelatih asing pertama. Tapi, kemudian saya berpikir, mereka coba pelatih asal Inggris tapi tidak berhasil. Jadi, mereka beralih ke pelatih asing," papar Eriksson.

FA menganggap Eriksson pelatih yang cukup sukses. Sejak ditangani mantan pelatih Lazio itu, Inggris naik peringkat FIFA dari 17 ke empat. FA menganggap Eriksson sebagai pelatih terbaik kedua Inggris, di belakang Sir Alf Ramsey. (art)

Oezil Tak Berharap Jadi Kapten Jerman
Pelatih Arsenal, Arsene Wenger

Wenger Isyaratkan Tak Ada Bek Baru di Laga Pertama Arsenal

Dia mengatakan Arsenal harus mencari solusi internal untuk bek tengah.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016