Inggris Belum Setara Tim Besar Eropa

Gary Neville
Sumber :
  • eurosport

VIVAnews - Kritik pedas dialamatkan Gary Neville kepada timnas negaranya, Inggris. Tidak segan-segan, mantan pemain Manchester United itu menyebut The Three Lions, julukan Inggris, saat ini belum layak disejajarkan dengan tim-tim besar Eropa, seperti Prancis, Jerman, Italia, dan Spanyol.

Aksi ‘Nutmeg’ Kiper Muda Timnas Prancis

Neville rupanya berkaca pada penampilan Inggris selama ini, terutama di pertandingan kualifikasi grup Euro 2012 menghadapi Montenegro kemarin. Di laga tersebut, tim besutan Fabio Capello sempat unggul dua gol. Namun, akibat kehilangan konsentrasi, mereka harus pasrah menerima hasil imbang 2-2 di akhir laga.

Meskipun dengan tambahan satu poin dari laga tersebut Inggris sudah memastikan diri lolos ke putaran final di Polandia dan Ukraina tahun depan, namun melihat permainan yang kurang 'menggigit', Neville langsung melempar komentar miring.

Menanti Calon Bintang Masa Depan di Piala Eropa U-21

"Intinya penopang tim masih belum cukup. Mereka tidak akan mampu menghadapi lawan seperti Spanyol, Italia, Prancis, ataupun Jerman," cetus Neville.

"Saya tidak bicara tentang individu, karena di sana ada banyak pemain bagus. Hanya saja di Inggris terlalu sedikit invensi dan pelatih selalu kesulitan melakukan rotasi posisi pemain," sambungnya dikutip The Mail, Minggu, 9 Oktober 2011.

UEFA Cemas Tren Drone Bakal Mengancam Sepakbola Eropa

Untuk mengatasi persoalan tersebut, pria yang juga pernah menjadi punggawa andalan Union Jack di sisi kanan pertahanan itu meminta agar Don Fabio, panggilan Capello, segera mengambil tindakan. Dia berharap mantan allenatore AC Milan, Juventus, dan Real Madrid tersebut secepatnya mengubah paradigma negatif yang sudah berlangsung selama hampir 15 tahun dengan mencuatkan ide baru serta lebih segar.

"Capello harus berbuat hal yang belum dilakukan oleh pelatih lainnya selama hampir 15 tahun," cetus Neville.

Inggris, selanjutnya, pada November dijadwalkan bertemu dengan Spanyol. Laga persahabatan dengan juara dunia sekaligus juara Eropa tersebut rencananya bakal berlangsung di Stadion Wembley. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya