Belanda Hadapi Swedia Minus 3 Pemain

Klaas-Jan Huntelaar (bawah) cetak gol ke gawang Moldova
Sumber :
  • REUTERS/Michael Kooren

VIVAnews - Belanda akan melakoni pertandingan terakhir penyisihan Grup E Kualifikasi Euro 2012 melawan Swedia, Selasa, 11 Oktober 2011 (Rabu dini hari WIB). Pertandingan ini tak berpengaruh pada posisi Belanda sebagai juara grup, namun berpengaruh besar pada Swedia.

Swedia akan jadi Runner Up terbaik jika bisa mengalahkan Belanda. Dengan demikian Swedia bisa langsung melaju ke putaran final Euro 2012 bersama juara grup lainnya.

Usaha Swedia ini terbantu setelah tiga pemain Belanda dipastikan absen karena cedera. Di antaranya Wesley Sneijder, Arjen Robben, dan kiper Maarten Stekelenburg.

"Meski tak ada lagi yang diperjuangkan, tim ini selalu menemui tantangan. Kami harus tetap fokus walau beberapa pemain kunci sedang dilanda cedera," kata pemain Belanda Mark Van Bommel seperti dikutip dari Live Soccer, Senin, 10 Oktober 2011.

Belanda, bersama Jerman dan Spanyol, merupakan tim yang belum pernah kalah di Kualifikasi Piala Eropa 2012. Selama ini rekor sempurna di babak penyisihan dipegang Oleh Prancis di tahun 2004 dan Republik Ceko di tahun 2000.

Di pertandingan sebelumnya, Belanda menang tipis 1-0 atas Moldova. Itu merupakan kemenangan ke 31 buat pelatih Bert van Marwijk. Dengan demikian, Van Marwijk menyamai rekor mantan pelatih Dick Advocaat di tahun 2002-2004.

Sejak final Piala Dunia 2010 melawan Spanyol, Belanda tidak pernah kalah dalam 14 pertandingan. 11 di antaranya berakhir dengan kemenangan buat Tim Orange.

Joe Hart Cedera, Inggris Panggil Kiper Tim Kasta 2
Para pemain timnas Prancis merayakan gol

Lewat Drama Lima Gol, Prancis Permalukan Belanda

Sempat menyamakan skor, Belanda akhirnya kalah.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2016