Del Bosque: Sulit Pertahankan Piala Eropa

Fernando Torres (kiri) dan Vicente del Bosque
Sumber :
  • REUTERS/David W Cerny

VIVAnews - Pelatih timnas Spanyol Vicente del Bosque menegaskan, tidak mudah untuk mempertahankan gelar Piala Eropa. Sebab, saat ini ada tim-tim kuat seperti Inggris, Italia dan Prancis yang menjadi ancaman besar bagi Spanyol.

Dalam babak kualifikasi Piala Eropa 2012, tim besutannya telah membukukan rekor 100 persen tanpa kekalahan. Terakhir, Spanyol sukses menekuk Skotlandia dengan skor 3-1. Atas kemenangan ini telah mengantarkan Spanyol menjadi juara di Grup I dan lolos ke putaran final.

"Skotlandia telah bermain dengan baik pada laga pertama di Hampden. Mereka lebih stabil," kata Del Bosque kepada PA.

Juara bertahan Piala Eropa 2008 ini memang punya kans besar untuk kembali mengukir kesuksesan. Namun, Del Bosque tetap mengingatkan anak asuhnya untuk tidak jumawa.

"Ada pesaing sangat kuat: Inggris, Jerman, Italia, Prancis," ujar Del Bosque.

"Ada lawan yang sangat kuat di ajang Piala Eropa dan tentu saja itu tidak akan mudah. Karena itu, untuk memenangkan kompetisi di Piala Eropa nantinya akan sangat sulit," tegas Del Bosque.

Hingga saat ini, Spanyol baru mengoleksi dua kali Piala Eropa. Spanyol pertama kali menjadi juara Piala Eropa tahun 1964 dan terakhir pada tahun 2008.

Pada Piala Eropa tahun depan yang akan digelar di Polandia dan Ukraina itu, Spanyol kembali dijagokan mempertahankan gelar. Apalagi performa para pemain Spanyol masih stabil. Hal itu terbukti tahun lalu Spanyol sukses menjadi yang terbaik di dunia setelah memenangkan Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan. (eh)

Gol Bomber Gaek Selamatkan Spanyol dari Kekalahan
Striker timnas Italia, Lorenzo Insigne (kiri), usai cetak gol.

Italia vs Spanyol Imbang, Thailand Belum Terkalahkan

Berikut hasil lengkap laga internasional malam hingga dini hari tadi.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016