Inasoc DKI akan Selidiki Kasus Stevie

Logo SEA Games 2011
Sumber :
  • SEAG 2011

VIVAnews - Penyelenggara SEA Games 2011 (Inasoc) yang berada di Hotel Sultan, dituding tidak sigap menangani penyakit bek timnas U-23, Stevie Bonsapia, Selasa lalu. Inasoc DKI Jakarta berjanji akan menyelidiki kejadian ini.

Stevie dilarikan ke rumah sakit, Selasa malam, 8 November 2011 karena sakit di lambungnya. Kembali dari rumah sakit, Stevie mengalami sesak nafas dan dokter timnas dikabarkan kesulitan meminjam alat bantu pernafasan dari Inasoc.
 
Menurut Manajer Timnas, Rosso Daras, prosedur peminjaman oksigen sangat berbelit-belit. Karena tidak ingin berdebat panjang, Stevie akhirnya kembali dilarikan ke rumah sakit.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia

Ketika dikonfirmasi, Ketua INASOC DKI Jakarta, Ratiyono, pihaknya baru akan memeriksa kejadian tersebut. Sebab menurutnya, tenaga medis telah disebar di semua hotel tempat menginap atlet dan ofisial sejak 9 November 2011.

"Kami juga menyediakan ambulans," ujar Ratiyono saat ditemui di Gelanggang Remaja Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis 10 November 2011. "Untuk kejadian [Stevie] itu, kami akan memeriksanya lagi. Sebenarnya tidak ada prosedur apa-apa dan seharusnya langsung ditangani kalau ada kejadian seperti itu."

Sebelumnya, Chairmain INASOC, Fadjar Panjaitan juga menjelaskan, INASOC DKI sudah menunjuk 28 rumah sakit di Jakarta dan enam di Jawa Barat sebagai rujukan para atlet dan ofisial. Bahkan khusus arena di Gunung Mas dan Gunung Pancar, panitia menyediakan helikopter untuk mengevakuasi pasien ke jalur darat.

"Kami juga sudah koordinasi dengan beberapa dinas kesehatan setempat," tegas Fadjar.

Keracunan Makanan

TC Timnas Hari Kedua, Boaz Jalan-jalan di Pinggir Lapangan

Sementara itu, kasus keracunan makanan di Hotel Sultan yang dialami kontingen tim nasional sepakbola Malaysia, Singapura, Kamboja, dan Timor Leste, Fadjar mengaku tidak berkompeten menjelaskan masalah ini.

"Sepakbola ini dilimpahkan ke DKI di pertengahan jalan, jadi kami hanya mengurus masalah penginapan dan lapangan," paparnya.

Sedangkan menurut Ratiyono, Inasoc DKI akan meminta pertanggungjawaban pihak hotel.

"Seharusnya tidak boleh terjadi. Kalau ada komplain, kami akan memeriksanya. Kami akan menanyakan kepada pihak hotel yang bertanggung jawab," imbuh pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah Pemprov DKI Jakarta ini. (umi)

Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016