Alasan RD Rotasi Pemain Saat Lawan Singapura

Rahmad Darmawan dan pemain Timnas U-23
Sumber :
  • antara

VIVAnews - Kemenangan sempurna Indonesia di laga pertama tidak membuat pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan mempertahankan komposisi skuad intinya. Saat menghadapi Singapura, RD-panggilan Rahmad Darmawan justru melakukan rotasi beberapa pemain.

Keputusan RD rupanya berbuah manis. Indonesia kembali memetik hasil sempurna dengan mengalahkan Singapura dengan skor 2-0 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta siang tadi, Jumat, 11 November 2011.

Di lini belakang, RD memarkir Gunawan Dwi Cahyo yang telah menyumbang satu gol di laga pertama, dan menggantikan dengan Seftia Hadi. "Untuk posisi Gunawan Dwi Cahyo yang digantikan Seftia Hadi, karena permainan Singapura yang kerap melakukan long pass dan akan sering terjadi duel udara. Dan saya akui, Seftia lebih bagus mengantisipasi bola atas," kata RD.

Stevie Bonsapia yang menderita penyakit lambung juga digantikan oleh Hasyim Kipuw. Selain itu, RD juga memilih menurunkan Mahadirga Lasut yang sebelumnya absen lawan Kamboja. Pemain Persija Jakarta itu masuk menggantikan Hendro Siswanto.

"Mengenai rotasi 3 pemain. Pertama, karena Stevie Bonsapia memang tidak bisa diturunkan, maka saya memainkan Hasyim Kipouw," jelasnya.

Rahmad beralasan, rotasi harus dilakukan untuk menjaga ketersediaan pemain di posisi bek kanan menyusul sakit yang dialami Stevie. Selain itu, rotasi juga dilakukan guna menyesuaikan dengan permainan lawan, Singapura.

"Alasan mengganti Hendro Siswanto dengan Mahardika Lasut. Karena Hendro dipersiapkan untuk melapis Hasyim Kipouw. Hendro sendiri mampu bermain di dua posisi, bek kanan dan gelandang," terangnya

"Dengan cederanya Stevie, maka kami cuma punya 2 pemain bek kanan. Yaitu Hasyim Kipouw dan Hendro Siswanto," tandas RD.

Arema Rela 'Peras Otak' Demi Timnas Indonesia
Andik Vermansah saat berseragam Selangor FA

Andik Vermansyah Absen di Seleksi Timnas Tahap Kedua

Seleksi Timnas tahap kedua bakal digelar pekan depan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016