Play-off Euro 2012

Irlandia Cukur Estonia

Pemain Republik Irlandia merayakan gol
Sumber :
  • REUTERS/Ints Kalnins

VIVAnews - Peluang Republik Irlandia tampil di putaran final Euro 2012 kini terbuka lebar. Mereka diketahui baru saja berhasil meraih kemenangan telak 4-0 atas Estonia pada leg pertama play-off, Sabtu, 12 November 2011.

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola Selasa Ini Hingga Rabu Dini Hari

Irlandia hanya butuh waktu 13 menit untuk meraih keunggulan atas Estonia. Keith Andrews berhasil memaksa kiper Sergei Pereiko memungut bola dari dalam gawang.

Keunggulan 1-0 Irlandia sendiri bertahan sampai babak pertama usai. Namun sebagai catatan, sejak menit 35, Estonia harus bermain dengan 10 orang usai Andrei Stepanov diganjar kartu kuning kedua oleh wasit akibat melanggar Robbie Keane.

Pro Kontra Nation League yang Digagas UEFA

Selanjutnya di paruh waktu kedua, Irlandia berhasil mencuri gol lagi. Jonathan Walters membobol gawang Estonia setelah meneruskan sepakan Keane di menit 67.

Seakan tidak mau ketinggalan, Keane lalu ikut mencabik gawang Estonia hanya empat menit berselang.

FOTO: Mueller Gemilang, Munich Tekuk Barcelona 4-0

Estonia kembali kehilangan pemain di menit 77. Kali ini yang diusir oleh wasit adalah Raio Piiroja. Penyebabnya lagi-lagi adalah Keane.

Menghadapi 9 orang, Irlandia berhasil menambah koleksi golnya. Keane kembali membobol gawang Estonia melalui eksekusi bola mati dari titik putih pada menit 88 dan menjadikan pertandingan berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan Irlandia.

Dengan hasil ini maka langkah Irlandia menuju Polandia-Ukraina menjadi semakin ringan, apalagi pada pertemuan kedua dengan Estonia nanti tim besutan Giovanni Trapattoni akan bermain di hadapan publik sendiri, Aviva Stadium, Dublin.

Sementara bagi Estonia, jalan mereka sekarang menjadi sangat terjal karena dituntut mampu meraih kemenangan minimal 5-0 jika masih ingin berlaga di putaran final Euro tahun depan.

Susunan pemain

Estonia: Pareiko, Jaager, Stepanov, Piiroja, Klavan, Dmitrijev, Vassiljev, Vunk, Kruglov, Kink, Ahjupera.

Rep Irelandia: Given, Kelly, St, Ledger, Dunne, Ward, Duff, Whelan, Andrews, McGeady, Keane, Walters.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya