Gagal di SEA Games, Vietnam Pecat Pelatih

Latihan Timn Nasional Vietnam U-23
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) memutuskan untuk memecat Falko Goetz dari jabatannya sebagai Pelatih Timnas Vietnam. Pelatih berkebangsaan Jerman tersebut dianggap sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas kegagalan Vietnam di SEA Games pada November 2011 lalu.

"Di setiap negara di dunia, pelatih adalah pihak yang bertanggung jawab atas kekalahan sebuah tim nasional," ujar Wakil Presiden VFF, Nguyen Lan Trung seperti dilansir FIFA, Jumat, 23 Desember 2011. Nguyen menegaskan keputusan ini disepakati secara bulat oleh seluruh anggota Komite Eksekutif VFF.

Meskipun sempat tampil menjanjikan di awal kompetisi, namun Vietnam gagal  menaiki podium juara di ajang bergengsi tingkat Asia Tenggara tersebut. Vietnam harus mengakui keunggulan tuan rumah, Indonesia setelah kalah 2-0 di babak semifinal SEA Games.

Dilansir dari surat kabar Tuoi Tre, VFF akan membayar pesangon senilai 66 ribu dolar kepada Falko Goetz untuk mengakhiri kontrak dua tahun yang baru ditandatangani pada bulan Juni 2011 lalu.

Goetz yang saat ini berusia 49 tahun ini merupakan mantan penggawa klub elit Jerman, Bayer Leverkusen. Goetz memulai karirnya pada 1997 dengan menukangi sejumlah klub Jerman, seperti Hertha BSC II, 1860 Munich, Holsten Kiel.

Bungkam Vietnam, Myanmar Lolos ke Final SEA Games 2015

Pertengahan 2011, Goetz menerima tawaran untuk melatih timnas U-23 Vietnam dan menggantikan pelatih asal Portugal, Henrique Calisto. Goetz menjadi pelatih asing kedelapan yang dikontrak Vietnam sejak 1995. (umi)

Pentas dengan menggunakan bikini pada penerbangan VietJet di Vietnam

Maskapai di Vietnam Kerahkan Pramugari Berbikini

Penumpang senang, pemerintah Vietnam tidak. Denda pun dijatuhkan.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2016