Capello Kritik Cara Sukses Jerman

Timnas Jerman rayakan gol
Sumber :
  • Martin Meissner/AP

VIVAnews - Manajer Inggris, Fabio Capello mengkritik gaya sukses Jerman dalam membangun tim nasional. Pelatih asal Italia itu mempertanyakan cara Jerman yang menaturalisasi pemain muda untuk masuk dalam skuad timnas Jerman. Khususnya 5 pemain keturunan Turki yang menjadi andalan der Panzers.

Jerman saat ini menjadi tim yang disegani, setelah sukses tampil impresif di Piala Dunia 2010 lalu. Skuad asuhan Joachim Loew ini pun diunggulkan meraih Euro 2012. Kesuksesan Jerman tidak terlepas dari kekuatan beragam pemain dari berbagai asal negara berbeda. Seperti Mesut Oezil (Turki), Sami Khedira (Tunisia), Boateng (Ghana) dan Marco Marin (Bosnia).

"Para pemain (muda) ini memperoleh paspor baru Jerman. Dan akhirnya Jerman memiliki lima pemain asal Turki yang memilih untuk membela mereka (Jerman). Dan kita semua tahu apa yang terjadi," ujar Capello seperti dikutip dari Soccerway, Jumat, 30 Desember 2011.

"Saya tidak menerima jika tim lain dengan mudahnya mengambil pemain saya dengan mudah karena telah melatih pemain yang bersangkutan. Pemain bisa saja dibeli, terutama ketika mereka datang dari latar belakang keluarga yang miskin, di mana mereka membutuhkan uang," lanjutnya.

Capello berharap UEFA menyusun kebijakan baru untuk mengatasi tren yang berkembang akhir-akhir ini. "Masalah ini perlu segera ditangani dan keputusan harus dibuat. Klub-klub kaya memiliki pemandu bakat dan mencuri pemain dengan penawaran tinggi dan tidak berpikir konsekuensi bagi negara-negara terkait," ujar Capello.

Capello mengutarakan UEFA harus membuat aturan baru yang memungkinkan tim untuk menuai benih yang telah ditaburkan, bukan memiliki bakat dengan mengajukan tawaran besar. "Saya sudah berbicara dengan Michel Platini dan ia tegas di masa depan, klub akan dilarang untuk mengambil pemain dari luar negeri pada usia sangat muda," tambahnya. (eh)

Pro Kontra Nation League yang Digagas UEFA
Pemain Timnas Indonesia U-19 era Evan Dimas cs.

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola Selasa Ini Hingga Rabu Dini Hari

Sore ini,Timnas U-19 akan melakoni laga terakhir penyisihan Piala Asia

img_title
VIVA.co.id
14 Oktober 2014