Wales Gelar Laga Penghormatan untuk Speed

Gary Speed
Sumber :
  • Telegraph.co.uk

VIVAnews - Tim nasional Wales akan menggelar laga persahabatan menghadapi tim nasional Kosta Rika pada bulan Februari 2012. Laga ini merupakan laga pernghormatan untuk mengenang mantan pemain dan pelatih timnas Wales, Gary Speed yang tewas akhir November 2011 lalu.

Alasan Asosiasi Sepakbola (FA) Wales memilih Kosta Rika, karena negara asal benua Amerika tersebut adalah lawan saat Speed melakoni laga debutnya bersama timnas Wales pada tahun 1990 sebagai pemain. 10 persen keuntungan dari penjualan tiket laga persahabatan ini akan digunakan untuk amal.

"Laga ini akan menjadi kesempatan baik untuk mengenang kehidupan dan prestasi sosok hebat sepakbola Wales, baik sebagai pemain maupun manajer," bunyi pernyataan FA Wales seperti dilansir Soccerway, Kamis, 5 Desember 2012.

Gary Speed tewas gantung diri pada 27 November 2011, saat dirinya masih menjabat sebagai pelatih timnas Wales. Mantan pemain Leeds United, Bolton Wanderers Newcastle United, dan Sheffield United itu meninggal dunia dalam usia 42 tahun.

Speed mengawali karirnya dari Leeds United pada 1988. Bersama tim ini, Speed tampil sebanyak 300 kali sebelum akhirnya bergabung dengan Everton 1996. Selanjutnya Speed pindah ke Newcastle, Bolton Wanderers, dan mengakhiri perjalanan karirnya bersama klub Sheffield United.

Karir kepelatihannya sendiri berawal dari Sheffield United 2010 lalu. Speed kemudian dipercaya untuk menukangi Wales menggantikan Jon Toshack yang mundur pada September 2010.

Bos Wales Larang WAGs Masuk Hotel Timnas
Pemain timnas Wales, Simon Church.

Tanpa Bale, Wales Hampir Menanggung Malu di Kandang

Wales terselamatkan lewat gol penalti di penghujung laga.

img_title
VIVA.co.id
25 Maret 2016