2 Kejutan di Hari Perdana Piala Afrika

Pemain Zambia, Emmanuel Mayuka (tengah) rayakan gol ke gawang Senegal
Sumber :
  • REUTERS/Amr Abdallah Dalsh

VIVAbola – Piala Afrika 2012 yang resmi dimulai hari ini, Sabtu 21 Januari 2012 (Minggu dini hari WIB) diwarnai dengan dua kejutan. Tim-tim yang lebih diunggulkan justru harus kalah dari tim yang kurang diunggulkan. Kedua pertandingan hari ini dilangsungkan di Estadio de Bata, Equatorial Guinea.

Mainkan Pemain "Ilegal", Klub Premier League Didenda Rp1,3 M

Kejutan pertama dibuat tuan rumah sekaligus debutan Piala Afrika, Equatorial Guinea. Melawan Libya yang lebih diunggulkan tuan rumah sanggup unggul tipis 1-0.

Gol kemenangan Equatorial Guinea dicetak oleh Javier Balboa menit 86. Menerima umpan Daniel Ekedo, mantan pemain Real Madrid ini melepaskan tendangan yang tak bisa dijangkau kiper Libya, Samir Aboud.

Ghana Menang, Senegal Tertahan di Grup C

Beberapa jam kemudian kejutan dibuat Zambia di tempat yang sama. Tim yang dilatih Hervé Renard ini menaklukkan perempatfinalis Piala Dunia 2002, Senegal dengan skor 2-1.

Zambia bahkan sudah unggul 2-0 saat babak pertama. Gol pertama Zambia dicetak oleh Emmanuel Mayuka menit 12. Striker klub Swiss, Young Boys itu mencetak gol lewat sundulan yang tak bisa dijangkau kiper Senegal, Bouna Coundoul.

Mantan Striker Chelsea Gagal Bela Senegal di Piala Afrika

Chipolopolo – julukan timnas Zambia – menggandakan keunggulan 9 menit kemudian lewat aksi Rainford Kalaba.

Senegal sempat memperkecil kedudukan lewat gol pemain pengganti, Dame Ndoye menit 74. Namun skor 2-1 untuk keunggulan Senegal tetap bertahan hingga akhir pertandingan.

Hasil ini membuat Zambia menempati puncak klasemen sementara grup A, disusul Equatorial Guinea di posisi kedua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya