Piala Afrika 2012

Drogba Bawa Pantai Gading Tekuk Sudan

Didier Drogba (tengah) saat melawan Sudan di Piala Afrika
Sumber :
  • REUTERS/Luc Gnago

VIVAbola – Didier Drogba menjadi pahlawan kemenangan Pantai Gading 1-0 atas Sudan dalam penyisihan grup B Piala Afrika 2012 yang berlangsung di Nuevo Estadio de Malabo, Minggu 22 Januari 2012 (Senin dini hari WIB).

Redam Konflik, Pemerintah Sudan Sebar Jaksa Agung di Darfur

Stiker Chelsea itu mencetak gol semata wayang The Elephants pada menit 39. Salomon Kalou berlari di sisi kiri pertahanan Sudan sebelum memberikan umpan silang yang disambut sundulan Drogba. Drogba sanggup mengecoh penjaga gawang Sudan, Elmuez Mahgoub.

Dalam pertandingan ini, Sudan memang lebih banyak bertahan. Hal ini cukup wajar karena Pantai Gading mengandalkan pemain-pemain yang berlaga di Eropa.

Aksi Unik Prajurit TNI Bentuk Formasi 721 di Sudan

Di lini depan, Pantai Gading mengandalkan trio Gervinho, Drogba, dan Salomon Kalou. Lini tengah The Elephants pun cukup tangguh dengan kehadiran Pemain Terbaik Afrika 2011, Yaya Toure.

Sudan bukan tanpa perlawanan. Mereka juga sempat memberikan perlawanan. Tendangan Mohamed Bashir masih menyamping di gawang yang dijaga Boubacar Barry. Barry juga sempat dipaksa bekerja keras dengan menghentikan tendangan jarak jauh Alaadin Yousif.

Pesawat Buatan Rusia Jatuh di Sudan

Meski Pantai Gading juga berusaha menciptakan gol kedua, tak ada lagi gol tercipta sampai akhir pertandingan. Juara Piala Afrika 1992 ini menang dengan skor tipis 1-0.

Sementara itu dalam pertandingan lainnya yang berlangsung di tempat yang sama, Angola sukses menundukkan Burkina Faso 2-1.

Gol kemenangan Angola dicetak oleh Mateus menit 48 dan Manucho menit 68. Sementara itu gol balasan Burkina Faso dicetak oleh Alain Traore menit 57.

Hasil ini membuat Angola memimpin klasemen grup B, disusul Pantai Gading di posisi kedua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya