Pengganti Capello Mulai Bermunculan

Pelatih Tottenham Hotspur Harry Redknapp
Sumber :
  • REUTERS/Darren Staples

VIVAbola - Asosiasi Sepakbola Inggris atau FA tampaknya akan bekerja keras untuk mencari penggati Fabio Capello yang telah memutuskan untuk mengundurkan diri dari manajer timnas Inggris.

Gelandang Liverpool Pensiun dari Timnas Inggris

FA harus bergerak cepat mengingat Euro 2012 sudah ada di depan mata. Tinggal empat bulan lagi laga kompetisi akbar yang akan diikuti oleh negara-negara Eropa itu akan digelar.

Jika tidak mencari pengganti yang tepat, Inggris tidak akan bisa berbuat banyak dalam perhelatan yang digelar di Polandia dan Ukraina pada 8 Juni hingga 1 Juli 2012 tersebut.

Masih Cedera, Rooney Sudah Dijamin Masuk Timnas

Meski belum diketahui siapa pengganti Capello, nama-nama manajer beken kali ini mulai bermunculan. Nama-nama itu kabarnya sudah masuk kantong ketua FA, David Bernstein. Lantas, siapa sajakah mereka?

Harry Redknapp

Manajer Tottenham Hotspur ini memang sudah lama menjadi kandidat manajer Inggris untuk menggantikan Capello. Sempat dituduh menggelapkan pajak ketika ia masih menjadi manajer Portsmouth, tapi kemudian pengadilan Inggris menyatakan jika Redknapp bersih dari segala tuduhan yang menimpanya. Jika Redknapp terpilih menjadi manajer kemungkinan besar nama Scott Parker yang juga gelandang Spurs akan terpilih menjadi kapten timnas Inggris.

Ben Foster Belum Pikirkan Piala Eropa 2016

Roy Hodgson

Namanya sempat digadang-gadang untuk menggantikan Capello pada Piala Dunia 2010. Tapi FA masih memberikan kesempatan kepada Capello untuk menangani Inggris.

Di klub saja, kemampuannya masih dipertanyakan saat menangani Liverpool. Pada tahun 2011, manajemen The Reds akhirnya mendepaknya. 

Setelah tidak menangani Liverpool, ia langsung diboyong West Bromwich Albion. Dan dia saat ini masih menangani klub tersebut. Di tangan Hodgson, West Brom berada di peringkat 15 klasemen sementara Premier League. Dengan pengalaman manajerial yang sangat luas, ia bisa menjadi kandidat yang cukup kuat untuk Inggris.

Alan Pardew

Dia saat ini menjadi manajer Newcastle United. Berkat taktik Pardew yang brilian, Newcastle sukses berada di peringkat lima klasemen sementara Premier League. Newcastle juga masih berpeluang untuk lolos Liga Champions karena hanya berbeda satu poin dari pesaing terdekatnya, Chelsea.

Stuart Pearce

Kalau manajer yang satu ini dia sudah menangani timnas Inggris sejak tahun 2007. Tapi bukan timnas senior, tapi menjadi manajer untuk timnas U-21 Inggris. 

Dia juga berpengalaman saat terpilih sebagai manajer tim nasional sepakbola Inggris Raya di Olimpiade 2012. Pengalaman lainnya adalah sebagai manajer Manchester City. Namanya juga disebut sebagai calon kuat karena ia sudah mengenal karakteristik skuad timnas Inggris.

Jose Mourinho

Siapa yang tidak mengenal manajer yang dijuluki 'The Special One' ini. Mourinho bukanlah orang asing bagi publik Inggris. Sempat menjadi manajer Chelsea rentang tahun 2004 hingga 2007, ia kemudian berlabuh ke Inter Milan sebelum akhirnya menjadi manajer Real Madrid. Sempat beredar rumor jika Mou ingin meninggalkan Real Madrid di akhir musim nanti. Mourinho juga disebut banyak pihak sebagai calon yang cocok untuk menggantikan Capello.

Arsene Wenger

Meskipun berstatus sebagai pelatih asing tapi Wenger sangat dihormati di Inggris. Menjadi manajer Arsenal sejak tahun 1996, Wenger sudah memberikan banyak gelar untuk klub yang berbasis di London Utara tersebut.

Wenger bisa terpilih karena sudah mengenal liga-liga di Inggris dengan baik. Ia juga dikenal sebagai manajer yang mempunyai hubungan yang kuat dengan pemain.

Itulah nama-nama yang digadang-gadangkan akan menjadi pengganti Capello. Dari enam nama tersebut, manajer Harry Redknapp disebut sebagai kandidat terkuat untuk menggantikan mantan manajer AS Roma tersebut.

Pemain Manchester United yang juga penyerang timnas Inggris, Wayne Rooney juga mendukung Redknapp untuk menjadi manajer Inggris. Tapi, yang menjadi masalah FA saat ini adalah apakah petinggi Spurs, Daniel Levy mau melepas Redknapp? Apalagi Spurs saat ini masih berada di jalur juara dan sukses mengantar Gareth Bale dan kawan-kawan duduk di peringkat 3 klasemen sementara Premier League. (eh)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya