Perjalanan Capello Bersama Timnas Inggris

Fabio Capello meninggalkan rumahnya di London usai mundur dari Timnas Inggris
Sumber :
  • REUTERS/Neil Hall

VIVAbola - Meski gagal mempersembahkan gelar selama empat tahun melatih tim nasional Inggris, Fabio Capello patut berbangga dengan prestasinya selama melatih The Three Lions. Berikut ini perjalanan karir Don Fabio bersama timnas Inggris.

Setelah timnas Inggris gagal melangkah ke putaran final Piala Eropa 2008, Capello ditunjuk Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) sebagai pengganti Steve McLaren pada Januari 2008. Pelatih 65 tahun itu dikontrak selama empat setengah tahun dengan gaji £6 juta (setara Rp84 miliar) per tahun.

Debut Capello bersama Inggris terjadi saat mengalahkan Swiss 2-1 di Stadion Wembley, 6 Februari 2008. Pada Agustus 2008, arsitek asal Italia tersebut menjadikan John Terry sebagai kapten permanen setelah sebelumnya mencoba David Beckham, Steven Gerrard dan Rio Ferdinand.

Di bawah asuhan Capello, Inggris terus tampil impresif. Dari 24 pertandingan awal, Capello sukses meraih 18 kemenangan. St George Cross akhirnya memastikan lolos ke Piala Dunia 2010 usai mengalahkan Kroasia 5-1 di Wembley pada September 2009.

Persiapan Inggris menuju Piala Dunia 2010 menemui sejumlah masalah. Pada Februari 2010, Capello memutuskan untuk mencopot ban kapten Terry setelah terlibat perselingkuhan dengan Vanessa Perroncel. Ban kapten kemudian diberikan ke Rio Ferdinand.

Inggris tampil mengecewakan di Afrika Selatan. Bermain imbang 1-1 melawan Amerika Serikat di laga kedua, kemudian ditahan imbang tanpa gol oleh Aljazair, Inggris harus bekerja keras untuk lolos ke babak 16 besar dengan mengalahkan Slovenia 1-0.

Posisi Capello dalam ancaman setelah Inggris tersingkir di babak 16 besar setelah kalah 1-4 dari Jerman. Namun, FA memastikan posisi Capello aman.

Inggris kemudian memastikan langkah ke Piala Eropa 2012 usai bermain imbang 2-2 melawan Montenegro pada Oktober 2011. Pertandingan terakhir Capello bersama Inggris terjadi saat mengalahkan Swedia 1-0 di Wembley pada November 2011.

Capello kemudian mengundurkan diri pada 8 Februari. Don Fabio memutuskan mundur setelah merasa diintervensi oleh FA dalam pencopotan ban kapten Terry karena tersandung kasus rasis.

Meski gagal mempersembahkan gelar, Capello tercatat sebagai manajer Inggris dengan statistik kemenangan terbaik sepanjang sejarah. Dari 42 laga, Capello sukses mempersembahkan 28 kemenangan, delapan kali seri dan enam kali kalah.

Dengan demikian statistik kemenangan Capello adalah 66,7 persen. Torehan itu lebih baik dari Sir Alf Ramsey yang mengantarkan Inggris juara Piala Dunia 1966. Ramsey memiliki statistik kemenangan 61,1 persen.

Sayang, timnas Inggris menjadi satu-satunya pelabuhan yang gagal diberi gelar oleh Capello. Sebelumnya Capello selalu sukses meraih gelar di setiap klub yang dilatihnya, AC Milan, Real Madrid, AS Roma dan Juventus. (irb)

Masih Cedera, Rooney Sudah Dijamin Masuk Timnas
Gelandang Liverpool, James Milner

Gelandang Liverpool Pensiun dari Timnas Inggris

Dia merasa kalah saing dengan pemain muda di Inggris.

img_title
VIVA.co.id
6 Agustus 2016