Juara, Pemain Zambia Dapat Bonus Rp531 Juta

Pemain Zambia Merayakan Kemenangan Setelah Menjuarai Piala Afrika
Sumber :
  • REUTERS/Thomas Mukoya

VIVAbola – Tim nasional Zambia telah tiba di negaranya, Senin 13 Februari 2012 waktu setempat usai menjuarai Piala Afrika 2012. Mereka langsung disambut sekitar 200.000 orang di Lusaka, yang langsung merayakan gelar Piala Afrika pertama untuk Chipolopolo, julukan timnas Zambia.

Tekuk Zambia, Brasil Raih 4 Kemenangan Beruntun

Zambia sukses memastikan diri sebagai tim terbaik di Afrika setelah menundukkan negara yang lebih difavoritkan, Pantai Gading di partai puncak.

Skuad besutan Herve Renard itu mengalahkan Pantai Gading 8-7 lewat adu penalti setelah bermain imbang 0-0 selama 120 menit.  Inilah gelar perdana bagi Zambia, setelah sempat menjadi runner-up pada 1974 dan 1994.

Zambia Bertekad Pertahankan Gelar Piala Afrika

Untuk menghormati kesuksesan Zambia, pemerintah Zambia memberikan bonus kepada masing-masing pemain sebesar $59ribu atau Rp531juta.

“Pemerintah memberikan masing-masing pada Anda (setiap pemain) sebesar $59ribu, itu masih belum termasuk dari bonus dari organisasi perusahaan yang juga mungkin memberi. Uang ini dari pemerintah,” kata Menteri Olahraga Zambia, Chishimba Kambwili di radio lokal.

Ranking Zambia Melesat, Indonesia Turun Lagi

Usai kemenangan bersejarah itu, banyak masyarakat Zambia yang mengunjungi pemakaman skuad timnas Zambia tahun 1993 yang meninggal dunia dalam tabrakan pesawat di lepas pantai Gabon. Presiden Zambia, Michael Sata diharapkan meletakkan karangan bunga di lokasi pemakaman untuk menghormati korban kecelakaan maut tersebut.

Pemain Zambia Merayakan Kemenangan Setelah Menjuarai Piala Afrika

Kecelakaan Mobil, Tiga Pemain Timnas Zambia Luka Serius

Supir bus langsung tewas di tempat kejadian.

img_title
VIVA.co.id
15 Desember 2014