Drama 5 Gol, Zenit Taklukkan Benfica

Maxi Pereira rayakan gol ke gawang Zenit
Sumber :
  • REUTERS/Alexander Demianchuk

VIVAbola – Zenit St Petersburg sukses mengamankan kemenangan 3-2 saat melawan Benfica dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions yang berlangsung di Petrovsky Stadium, Kamis 16 Februari 2012.

Format Liga Champions Akan Diubah Lagi?

Benfica unggul lebih dulu pada menit 20. Tendangan bebas Oscar Cardozo masih bisa ditepis kiper Zenit, Yuri Zhevnov. Namun bola muntah dengan cepat disambar oleh Maxi Pereira untuk membuka keunggulan tim tamu.

Tuan rumah tak butuh waktu lama untuk membalas. Pada menit 27, berawal dari pergerakan di sisi kiri pertahanan Benfica, Tomas Hubocan melepaskan umpan silang. Dengan tenang Roman Shirokov melepaskan tendangan first time yang sukses menaklukkan kiper Benfica, Artur.

Info Lengkap Undian Babak Perempat Final Liga Champions

Sisa babak pertama, kedua tim saling berganti membangun serangan. Namun tak ada peluang yang benar-benar membahayakan. Skor 1-1 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Awal babak kedua, pelatih Zenit Luciano Spalletti melakukan pergantian pemain. Sergey Semak masuk menggantikan Konstantin Zyryanov.

Mourinho Bongkar Formasi Chelsea di Laga Liga Champions?

Pergantian pemain yang dilakukan Spalletti terbukti jitu. Semak mencetak sukses mencetak gol pada menit 71. Menerima umpan Vladimir Bystrov dari sisi kanan, Semak melepaskan tendangan yang tak bisa dijangkau Artur. 2-1 Zenit berbalik unggul.

Pertandingan memanas saat memasuki 3 menit terakhir. Menit 87, Benfica sempat menyamakan kedudukan melalui gol Oscar Cardozo. Memanfaatkan kesalahan kiper Yuri Zhevnov, Cardozo dengan mudah menceploskan bola.

Semenit kemudian, tuan rumah kembali unggul. Memanfaatkan kesalahan Luisao, Roman Shirokov mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini. Dia sukses melepaskan tendangan ke sudut sempit dan membawa Zenit unggul 3-2.

Skor 3-2 untuk kemenangan Zenit bertahan hingga pertandingan berakhir. Kedua tim ini akan kembali bertemu dalam leg kedua yang berlangsung di markas Benfica, Estadio da Luz pada 6 Maret 2012.

Meskipun kalah, Benfica masih memiliki peluang lolos karena memiliki modal 2 gol tandang. Itu artinya kemenangan 1-0 atas 2-1 sudah cukup meloloskan wakil Portugal ini ke babak perempatfinal.

Susunan Pemain

Zenit St Petersburg: 30-Yuri Zhevnov; 2-Alexander Anyukov, 3-Bruno Alves, 6-Nicolas Lombaerts, 14-Tomas Hubocan; 15-Roman Shirokov, 20-Viktor Faizulin (Alessandro Rosina 89’), 18-Konstantin Zyryanov (Sergey Semak 46’), 27-Igor Denisov; 11-Alexander Kerzhakov, 99-Maxim Kanunnikov (Vladimir Bystrov 66’)

Benfica: 1-Artur; 14-Maxi Pereira, 4-Luisao, 24-Ezequiel Garay, 3-Emerson; 8-Bruno Cesar (Nolito 76’), 21-Nemanja Matic, 28-Axel Witsel, 20-Nicolas Gaitan (Miguel Vítor 90’); 19-Rodrigo (Pablo César Aimar 30’), 7-Oscar Cardozo

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya