Soal Adelaide, Persipura Akan Surati AFC

Titus Bonay, Pemain Persipura
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAbola – Persipura Jayapura langsung mengambil tindakan terkait Adelaide United yang menurunkan pemain tidak sah saat bertanding di babak play-off Liga Champions Asia. Ketua Harian Persipura, La Siya akan segera mengirimkan surat pada Federasi Sepakbola Asia (AFC) terkait hal ini.

“Kami sudah membaca berita itu dari situs Australia. Kami akan langsung mempertanyakan hal tersebut ke AFC. Kalau hal tersebut benar maka kami serahkan semua keputusan pada AFC,” ujar La Siya saat dihubungi VIVAbola, Selasa 21 Februari 2012.

“Surat sudah kami buat. Nanti sore surat ini akan kami kirimkan, kami akan menunggu jawaban dari AFC,” lanjutnya.

Seperti dilansir Adelaide Now, Adelaide melanggar peraturan karena menurunkan Cassio Oliveira yang sebenarnya tak boleh tampil. Pemain asal Brasil ini mendapat kartu merah pada penampilan terakhir di LCA 2010. Menurut peraturan, ia tak boleh tampil dalam laga selanjutnya di kompetisi yang sama.

Jika Cassio terbukti sebagai pemain yang tidak sah, maka Persipura akan dianggap menang 3-0 dan berhak berpartisipasi di Liga Champions grup E bersama wakil Uzbekistan, Bunyodkor, wakil Jepang, Gamba Osaka, dan wakil Korea Selatan, Pohang Steelers.

Kasus seperti ini sempat terjadi tahun lalu di ajang yang sama. Di babak perempat final, klub Iran, Sepahan sebenarnya unggul 1-0 atas klub Qatar, Al Sadd di leg pertama. Namun, Sepahan terbukti menurunkan pemain yang tidak sah. Al Sadd pun akhirnya dianggap menang 3-0 dan lolos ke semi final. (irb)

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Sepakbola Indonesia kembali tercoreng dengan adanya aksi tak sportif yang mengindikasikan munculnya sepakbola gajah. Itu terjadi di Liga 3.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2022