Jepang Vs Meksiko

Ambisi Samurai Biru Tebas El Tricolor

Yuki Otsu (kiri) saat merayakan gol ke gawang Spanyol
Sumber :
  • REUTERS/David Moir

VIVAbola - Untuk pertama kalinya dalam 44 tahun Jepang dan Meksiko berada di semifinal Olimpiade. Pertempuran antara Samurai Biru dengan El Tricolor dijamin bakal sengit mengingat kedua tim sangat bernafsu lolos ke partai puncak.

Pada Olimpiade 1968, kedua tim sama-sama lolos ke babak empat besar. Tapi, keduanya mengalami kekalahan. Dalam perebutan tempat ketiga, Jepang kemudian sukses menekuk El Tricolor dengan skor 2-0 di Mexico City.

Kekuatan utama Samurai Biru di Olimpiade kali ini adalah pertahanan baja. Hingga semifinal, gawang Jepang belum sekali pun bergetar. Terakhir, mereka sukses mengalahkan Mesir 3-0 di babak perempat final.

"Lolos ke Olimpiade, target saya adalah untuk menaklukkan dunia ini. Kami mempersiapkan diri dengan sangat baik. Tiap laga demi laga kami telah bekerja sangat baik sebagai sebuah tim. Dan hasilnya sejauh ini sangat baik. Pada dasarnya, yang harus kami lakukan adalah bermain seperti yang biasa kami lakukan," kata pelatih Jepang, Takashi Sekizuka, seperti dilansir Mirror.

Adapun Meksiko juga tak bisa dipandang sebelah mata. El Tricolor tak pernah kebobolan di babak penyisihan grup. Tapi, Giovani dos Santos dan kawan-kawan sempat membuyarkan keunggulan dua gol atas Senegal di perempat final sebelum akhirnya menang dengan skor 4-2.

"Apa yang membuat saya bahagia adalah semangat juang tim kami. Karena, ketika kedudukan imbang di papan skor, semangat kami semakin meningkat," ucap pelatih Meksiko, Luis Tena, jelang pertandingan di Wembley Stadium, London, Selasa 7 Agustus 2012.

Kedua tim sebenarnya sempat bertemu bulan lalu dalam laga persahabatan. Ketika itu, Jepang menang dengan skor 2-1 di Nottingham. Namun, kali ini pertemuan dijamin bakal lebih seru mengingat taruhannya adalah tiket ke final Olimpiade.

Pemenang dari laga ini akan menghadapi pemenang antara Brasil melawan Korea Selatan di partai puncak. (sj)

Uji Coba, Argentina Nyaris Dihajar Meksiko
Donald Trump

Promosikan Laga Bergengsi, Pidato Donald Trump 'Dipelintir'

Pidato berapi-api itu berubah menjadi seperti pidato duka cita.

img_title
VIVA.co.id
10 September 2015