Belanda Kalah, Van Gaal Tuding Pemain Ceroboh

louis van Gaal
Sumber :
  • REUTERS/Paul Vreeker/United Photos

VIVAbola - Belanda secara mengejutkan menyerah 2-4 dari Belgia dalam laga uji coba, Kamis, 16 Agustus 2012. Pelatih Tim Oranye, Louis van Gaal menilai hasil ini tak lepas dari kecerobohan pemainnya.

Bertanding di Stade Roi Baudouin, Brussel, Belanda sudah kebobolan lewat gol Christian Benteke pada menit ke-20. Namun tim Oranye berhasil membalik keadaan setelah di babak kedua mencetak dua gol lewat Luiciano Narsingh menit ke-54' dan Arjen Robben menit ke-55.

Sayang keunggulan ini tak bertahan lama. Hanya dalam kurun waktu lima menit, Belanda sudah kebobolan tiga gol dan mengubah kedudukan menjadi 2-4. Tiga gol Belgia dicetak Dries Martens (75'), Romelu Lukaku (77'), dan Jan Verthongen pada menit ke-80.

"Kami kalah karena kesalahan personal," kata Van Gaal kepada SBS 6. "Di babak pertama, kami tidak terlalu bagus karena pemain bertindak ceroboh ketika mereka sedang memegang bola," beber Van Gaal.

Van Gaal juga mengkritik Nigel de Jong. Menurutnya, pemain Manchester City itu tidak mengindahkan instruksi yang diberikan. 

Joe Hart Cedera, Inggris Panggil Kiper Tim Kasta 2

"Pada babak kedua saya mengatakan kepada pemain agar Nigel de Jong harus menjauh ketika mereka memegang bola," beber Van Gaal. "Di awal babak kedua, kami bermain cukup bagus, namun karena kecerobohan pemain, kami membuang kemenangan. Apalagi gol kedua Belgia, itu adalah kecerobohan terbesar yang dilakukan de Jong," ujar Van Gaal.

"Kami dapat belajar dari laga ini. Kami punya skuad yang sangat muda dan Belgia tim yang bagus. Mereka lebih pengalaman dari kami."

Hal senada juga diungkapkan oleh gelandang Wesley Sneijder. Pemain Inter Milan itu juga mengritik kesalahan yang dilakukan timnya.

"Kami tampil buruk di babak pertama. Di babak kedua, kami lebih baik, namun kami melepasnya akibat dua kesalahan personal yang dilakukan De Jong dan Maarten Stekelenburg. "Kami bermain dengan tim baru dan dengan sistem yang berbeda (4-3-4 bukan 4-2-3-1)."

Para pemain timnas Prancis merayakan gol

Lewat Drama Lima Gol, Prancis Permalukan Belanda

Sempat menyamakan skor, Belanda akhirnya kalah.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2016