Kahn Tak Yakin Guardiola Bisa Sukses di Munich

Oliver Kahn
Sumber :
  • google.com
VIVAbola
Bayern Siap 'Gelar Karpet Merah' untuk Schweinsteiger
- Mantan kapten Bayern Munich, Oliver Kahn, menilai kedatangan Josep Guardiola bisa memberi pengaruh buruk pada skuad Die Roten musim depan. Kahn menganggap tidak semua pemain bisa menerima kebijakan Pep seperti di Barcelona.

Peluang Menuju Final Ideal di Liga Champions

Guardiola akan menangani Munich musim depan menggantikan Jupp Henyckes yang pensiun. Banyak pihak yang mendukung dan meyakini pelatih 42 tahun itu akan meraih banyak sukses di Allianz Arena.
Semifinal Liga Champions: 2 Kuda Hitam dan 2 Langganan Juara


Namun, Kahn meragukan Guardiola bisa sukses bersama Munich. Mantan pemain FC Hollywood era 1994 hingga 2008 itu menilai kebijakan melatih Guardiola tidak cocok dengan klub asal Jerman itu.


Selama ini Guardiola fokus pada membangun tim dengan mengambil banyak pemain muda melalui La Masia, dan mengandalkan permainan melalui penguasaan bola atau tiki-taka. Hal tersebut membuat Kahn takut kebijakan melatih Guardiola tak cocok dengan Munich.


"Guardiola mengambil pemain dari tim junior ke level profesional, tapi pemain Bayern tidak harus menjalani level yang sama seperti Barcelona. Untuk bisa menjalani sistemnya, tidak akan terjadi dalam satu hari," ujar Kahn kepada Bild.


"Sistem Guardiola lebih fleksibel, dengan penguasan bola. Setiap orang yang tidak ikut pergerakan kolektif, akan sulit mengikuti sistem. Contohnya, sebagian sukses Guardiola dikarenakan Lionel Messi, tapi sangat menarik untuk melihat apakah Bayern bisa bermain seperti itu," kata Kahn menambahkan.


Kahn menilai tokoh kunci Munich musim depan adalah Guardiola dan Direktur Sepakbola, Matthias Sammer. "Keduanya harus menerapkan filosofi yang konsisten. Jika bisa, maka itu faktor utama untuk bisa menjadi tim nomor satu di Eropa," papar Kahn.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya