Lolos ke Final, Burkina Faso Tetap Kritik Wasit

Pelatih Burkina Faso, Paul Put rayakan kemenangan
Sumber :
  • REUTERS/Siphiwe Sibeko

VIVAbola - Burkina Faso mencatat sejarah untuk kali pertama lolos ke partai final Piala Afrika. Tim berjuluk Les Étalons sukses menyingkirkan tim tangguh, Ghana 3-2 lewat drama adu penalti.

Sebelumnya kedua tim bermain 120 menit dalam laga yang berlangsung di Mbombela Stadium, Rabu 6 Februari 2013 (Kamis dini hari WIB). Ghana lebih dulu unggul lewat gol penalti Wakaso Mubarak menit 13. Gol Aristide Bance menit 60 membuat kedudukan menjadi 1-1.

Pelatih Burkina Faso, Paul Put menyambut baik kemenangan ini. Namun dia tetap mengkritik kepemimpinan wasit Slim Jedidi yang dianggap merugikan timnya.

"Saya sangat senang dengan kemenangan ini. Sangat senang kami bisa lolos ke final. Saya pikir pemain terbaik hari ini adalah wasit," sindir Put seperti dilansir Soccerway.

Kekesalan Put karena wasit memberikan kartu kuning kedua Jonathan Pitroipa pada menit 117. Wasit Jedidi juga menganulir gol yang dicetak Saidou Panandetiguiri karena menganggap pemain Burkina Faso terlebih dahulu melakukan pelanggaran.

"Kartu kuning kedua untuk Pitroipa itu sungguh konyol. Saya tak mengerti," kata pelatih asal Belgia ini.

Di partai final yang akan berlangsung pada 10 Februari 2012, Burkina Faso akan menghadapi Nigeria. Peringkat 92 FIFA ini dipastikan akan tampil tanpa Pitroipa yang terkena akumulasi. Winger Rennes ini merupakan andalan Burkina dengan 2 gol di Piala Afrika kali ini.

"Saya rasa kehilangan Pitroipa bisa mempengaruhi penampilan dalam turnamen ini. Namun saya juga berpikir kami memulai dengan 23 pemain di Nelspruit. Maka kami harus melakukan segala kemungkinan. Sekarang tergantung pada pemain lain," kata pelatih 56 tahun ini.

Burkina Faso dan Nigeria sempat bertemu di babak penyisihan grup C. Saat itu pertandingan berakhir imbang 1-1. (eh)

Tekuk Aljazair, Pantai Gading ke Semifinal Piala Afrika
Penyerang Borussia Dortmund, Pierre-Emerick Aubameyang

Aubameyang Patahkan Dominasi Yaya Toure

Pierre-Emerick Aubameyang terpilih sebagai pemain terbaik Afrika 2015.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2016