Bayern Unggul Pengalaman Dibanding Dortmund

Mantan pemain Bayern Munich, Michael Ballack.
Sumber :
  • eurosport
VIVAbola -
Datangkan Mkhitaryan, MU dan Dortmund Berselisih?
Final Liga Champions antara Bayern Munich dan Borussia Dortmund menarik perhatian Michael Ballack. Dia menjagokan Bayern keluar sebagai juara karena unggul pengalaman dibanding Dortmund.

Goetze Balik ke Dortmund, Belum Dimaafkan Fans?

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, Bayern sukses menjejaki partai final untuk ketiga kalinya. Sayang, dalam dua percobaan musim 2010 dan 2012, raksasa Bavaria itu gagal juara. Tiga tahun silam, Bayern harus mengakui ketangguhan Inter Milan. Musim lalu, Bayern harus bertekuk lutut di hadapan Chelsea lewat drama adu penalti.
Barcelona dan Dortmund Kejar Striker Timnas Jerman


Berangkat dari catatan tersebut, Ballack menilai Bayern telah belajar dari pengalaman dan tidak akan jatuh dalam lubang yang sama."Saya pikir, Bayern memiliki keuntungan karena sekarang, mereka memiliki lebih banyak pengalaman," kata mantan pemain Chelsea itu dikutip dari Skysports.


Sementara, Dortmund kembali menapaki final setelah terakhir kali juara Liga Champions pada 1997 silam. Bagi Ballack, faktor pengalaman bermain di sebuah partai final sangat menentukan bagi sebuah tim tampil sebagai pemenang."Jadi pemain dan pelatih telah mempelajari, saat berada dalam situasi yang kompleks," ucap Ballack.


Kekalahan di final 2010 dan 2012, menurut Ballack, justru menambah motivasi  tim asuhan Jupp Heynckes itu untuk mengalahkan Dortmund di Wembley, Sabtu 25 Mei 2013 (Minggu dinihari WIB). Dua kegagalan itu menjadi cambuk bagi Philipp Lahm dan kawan-kawan.


"Dua kegagalan musim lalu membuat mereka sangat kecewa. Apalagi, kalah adu penalti di final. Tapi Bayern akan bangkit dan momen itu terlihat musim ini. Luar biasa melihat perjuangan mereka," tutur Ballack.


"Mereka selalu mendapat kritik dalam beberapa tahun belakang. Tapi posisi mereka cukup kuat. Faktanya, mereka masih sanggup mempertahankan pemain kunci seperti Franck Ribery dan Arjen Robben. Dua pemain itu sangat menentukan di final nanti," papar Ballack menambahkan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya