Fakta-fakta Menarik Usai Belanda Kembali Kalah

Pemain Ceko, Vaclav Pilar, merayakan gol lawan Belanda
Sumber :
  • REUTERS
VIVAbola
Lewat Drama Lima Gol, Prancis Permalukan Belanda
- Belanda harus menelan kekalahan 1-2 dari Republik Ceko pada laga pertama Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2016 di Generali Arena, Praha, Selasa, 9 September 2014 waktu setempat (Rabu dini hari WIB). Ini merupakan dua kekalahan beruntun Belanda di bawah pelatih baru, Guus Hiddink.

Tanpa Bale, Wales Hampir Menanggung Malu di Kandang

Pertandingan Belanda melawan Ceko sepertinya akan berakhir imbang, setelah kedudukan masih sama kuat hingga menit ke-90. Tuan rumah sempat memimpin lewat Borek Dockal menit ke-21, sebelum akhirnya disamakan Stefan de Vrij menit ke-55. Namun, Ceko akhirnya memastikan kemenangan lewat Vaclav Pilar saat injury time babak kedua.
Joe Hart Cedera, Inggris Panggil Kiper Tim Kasta 2


Ini merupakan kekalahan kedua beruntun Belanda di bawah pelatih anyar, Guus Hiddink, yang menggantikan Louis van Gaal usai Piala Dunia 2014. Sebelumnya, De Oranje dikalahkan Italia 0-2 pada laga persahabatan, 4 September 2014.


Berikut ini adalah sejumlah fakta menarik usai Belanda menelan kekalahan seperti dikutip dari
Opta
dan
Infostrada Sport
:


1.
Belanda untuk kali pertama sejak 1992 mengalami kekalahan di pertandingan pertama babak kualifikasi (Piala Eropa atau Piala Dunia). Pada 23 September 1992, Belanda kalah 1-2 dari Norwegia di pertandingan pertama Kualifikasi Piala Dunia 1994.


2.
Hiddink menjadi pelatih Belanda pertama sejak 1995 yang mengalami kekalahan di dua laga perdana. Ironisnya, pelatih Belanda terakhir yang mengalami dua kekalahan di laga perdana pada 1995, juga Hiddink. Ketika itu, Hiddink melatih Belanda sepanjang 1995 hingga 1998.


3.
Belanda selalu kebobolan setidaknya dua gol dalam tiga pertandingan terakhir di bawah asuhan Hiddink.


4.
Belanda memperpanjang rekor impresif di Kualifikasi Piala Eropa. Untuk kali ke-14 beruntun, Robin van Persie dan kawan-kawan selalu mencetak gol di pertandingan Kualifikasi Piala Eropa.


5.
Bek Belanda, Daley Blind, terus memperlihatkan kualitas terbaiknya. Pemain anyar Manchester United itu berhasil menciptakan
assist
keempat dalam sembilan pertandingan terakhir bersama timnas Belanda.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya