Taklukkan Uzbekistan, Tiongkok Raih Tiket Perempat Final

Selebrasi pemain Tiongkok, Wu Xi
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su
VIVAbola –
Ingin Kuasai Sepakbola Dunia, China Gaet 24 Pelatih Spanyol
Tiongkok berhasil mengemas poin sempurna dengan menaklukkan Uzbekistan di laga ke-2 Grup B Piala Asia 2015 di Suncorp Stadium, Brisbane, Rabu 14 Januari 2015. Negeri Tirai Bambu mengunci kemenangan dengan skor 2-1.

Bak Model, Kiper Cantik Asal Tiongkok Digilai Banyak Pria

Menit-menit awal pertandingan, kedua tim lebih banyak melakukan pertarungan di lini tengah. Statistik dari situs resmi Asian Cup 2015 hingga menit 13, mencatat 48,5 persen bola lebih banyak berkutat di tengah lapangan.
Gasak Tiongkok, Australia Melaju ke Semifinal Piala Asia


Akmal Shorakhmedov membuka peluang pertama untuk Uzbekistan di menit 17, namun sepakannya berhasil diamankan dengan baik oleh kiper Wang Dalei. Gol akhirnya tercipta saat laga memasuki menit 22, gol untuk Uzbekistan tersebut dicetak oleh Odil Ahmedov.


Gol berawal dari tendangan loop Ahmedov dari dalam kotak penalti, yang sulit dijangkau oleh Wang Dalei. Tertinggal 0-1 dari Uzbekistan,  Tiongkok coba memberikan respon dengan terus melakukan serangan.


Sayangnya, gol penyama kedudukan tak kunjung hadir, hingga turun minum. Di interval 2, Tiongkok berhasil lepas dari tekanan para pemain Uzbekistan, beberapa peluang emas pun tercipta.


Namun gol yang ditunggu-tunggu oleh Tiongkok akhirnya tercipta di menit 55, gol dicetak oleh Wu Xi. Gol tersebut berawal dari umpan Gao Lin, Wu Xi yang berada di mulut gawang dengan mudah meneruskan bola ke dalam gawang Ignatiy Nesterov.


Tiongkok berbalik unggul 2-1 di menit 77 melalui sepakan keras Sun Ke dari luar kotak penalti. Bola mengarah ke sudut kanan atas tiang gawang, membut kiper Nesterov sulit untuk menggapainya.


Menit 79, Wu Lei nyaris memperlebar kedudukan andai tak dihadang oleh Nesterov di dalam kotak penalti. Hingga tambahan waktu 5 menit diberikan wasit, kedudukan tetap 2-1 bagi kemenangan Tiongkok.


Hasil ini membuat Tiongkok memuncaki klasemen Grup B dengan raihan 6 poin, dan memastikan diri melaju ke perempat final. Sedangkan Uzbekistan memiliki 3 poin, atau sama dengan milik Arab Saudi.


Susunan Pemain

Tiongkok: Wang Dalei, Ren Hang, Zhang Linpeng, Mei Fang, Yu Hai (Hao Junmin ’46), Zheng Zhi, Zhang Chengdong (Liu Binbin ’81), Wu Xi, Jiang Zhipeng, Gao Lin (Sun Ke ’66), Wu Lei


Uzbekistan: Ignatiy Nesterov, Anzur Ismailov, Vitaliy Denisov, Akmal Shorakhmedov, Shavkat Mulladjanov (I. Tuhtahujaev ’46), Azizbek Haydarov, Server Djeparov (S. Rashidov ’61), Timur Kapadze, Odil Ahmedov, Sanzhar Tursunov (J. O. Hasanov ’71), Igor Sergeev


(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya