Penalti Honda Perbesar Kans Jepang Lolos ke Perempat Final

Keisuke Honda
Sumber :
  • REUTERS/Edgar Su
VIVAbola -
Taklukkan 10 Pemain Irak, UEA Raih Peringkat 3 Piala Asia
Timnas Jepang berhasil meraih poin sempurna dengan mengalahkan Irak dalam laga ke-2 Grup D Piala Asia 2015 Suncorp Stadium, Brisbane, Jumat 16 Januari 2015. Jepang menang dengan skor tipis 1-0.

Momen Horor Sepakbola Irak Terekam Kamera Penonton

Menit-menit awal babak pertama, Irak mampu mengontrol jalannya pertandingan dengan baik. Namun, peluang emas malah didapat oleh Jepang lebih dulu di menit 11 oleh Shinji Kagawa.
Taklukkan Irak, Korsel Melaju ke Final Piala Asia 2015


Mendapat umpan dari Keisuke Honda, pemain Borussia Dortmund itu melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti. Sayang, tembakan dari Kagawa masih menyamping di sisi kiri gawang Jalal Hassan Hachim.


Petaka bagi Irak, mereka mendapat hukuman penalti di menit 22 usai 2 beknya menjatuhkan Kagawa di kotak terlarang. Honda yang maju sebagai eksekutor, berhasil menjalankan tugasnya dengan baik.


Skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Jepang. Di menit 42, Irak mendapat peluang untuk menyamakan kedudukan, namun sepakan Younis Mahmoud dari dalam kotak penalti masih bisa diamankan dengan baik oleh kiper Eiji Kawashima.


Di babak 2, Honda nyaris menggandakan kedudukan lewat sepakannya dari luar kotak penalti. Sayang sekali, sepakan pemain AC Milan itu sangat tipis melayang di atas gawang Irak.


Memasuki menit 65, Honda lagi-lagi gagal mengonversi peluang emas menjadi gol karena telat menyambut bola. Jelang bubaran, Shinji Okazaki yang membuang peluang dengan percuma.


Tanpa ada kawalan di dalam kotak penalti Irak, sepakannya malah terbang tinggi di atas gawang Jalal Hassan. Skor 1-0 untuk Jepang pun tetap bertahan hingga berakhirnya pertandingan.


Dengan kemenangan ini, Jepang berada di puncak klasemen Grup D dengan 6 poin. Namun, kepastian tim berjuluk Samurai Biru ini untuk lolos ke perempat final, harus menunggu pertandingan terakhir melawan Yordania, yang juga memiliki kans lolos. (ren)


Susunan Pemain:

Irak: Jalal Hassan Hachim, Salam Shakir, Ahmad Ibrahim Khalaf, Dhurgham Ismail, Ali Adnan (Ahmed Yasin '67), Saad Abdulameer, Yaser Kasim, Amjad Kalaf, Younis Mahmoud (J. Meram '55), Waleed Salim, Alaa Abl-Alzahra


Jepang: Eiji Kawashima, Masato Morishige, Maya Yoshida, Yuto Nagatomo, Gotoku Sakai, Yasuhito Endo (Y.Konno '63), Makoto Hasebe, Takashi Inui (H.Kiyotake '63), Shinji Kagawa, Shinji Okazaki, Keisuke Honda


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya