Atasi Iran Lewat Adu Penalti Dramatis, Irak ke Semifinal

Para pemain Irak merayakan gol ke gawang Iran
Sumber :
  • REUTERS
VIVAbola - Irak memastikan diri ke semifinal Piala Asia 2015, setelah menang 7-6 lewat adu penalti. Dalam 90 menit ditambah 2 kali extra time, pertandingan berlangsung sengit, di mana kedua tim saling berbalas gol, hingga kedudukan menjadi 3-3.
Hasyim Muzadi Klarifikasi Tudingan Membela Syiah

Pada pertandingan yang dihelat di Canberra Stadium, Jumat 23 Januari 2015 siang WIB, kedua tim sama-sama bermain terbuka dengan tempo tinggi. Namun, Iran sedikit lebih dominan, dan serangan-serangan yang mereka bangun pun lebih terorganisir.
Iran dan Cina Perluas Kerja Sama Bilateral

Hasilnya, Iran berhasil mengungguli Irak 1-0 pada menit 24. Berawal dari serangan di sisi kanan, bola dikirim Vouria Ghafouri ke dalam kotak penalti dan langsung disambut sundulan Sardar Azmoun. Bola pun tak mampu dihalau kiper Irak, Jalal Hassan.
Arab Saudi dan Iran Memanas, Jokowi Serius Cari Solusi

Usai mendapat sejumlah tekanan dari Irak, Iran malah harus kehilangan pemainnya, Mehrdad Pooladi. Bek berusia 27 tahun itu diusir setelah mendapat kartu kuning kedua dari wasit. Dan, babak pertama pun berkesudahan 1-0 untuk Iran.

Memasuki paruh kedua, pada menit 56, petaka untuk Tim Melli datang. Diawali serangan Alaa Abdul-Zahra di sisi kiri, bola diumpan ke dalam kotak penalti. Sempat gagal disontek, Ahmed Yasin hadir di sisi kanan dan mencetak gol. Skor menjadi sama kuat 1-1.

Selanjutnya, kedua tim masih sama-sama mencoba untuk mencari gol pembawa keunggulan. Namun, serangan-serangan yang mereka bangun kerap mentok, sehingga skor 1-1 tetap bertahan hingga 90 menit berakhir. Laga pun berlanjut ke babak perpanjangan waktu (extra time).

Dominasi Irak pun kian terlihat pada extra time. Dan, Singa Mesopotamia pun berbalik unggul 2-1, lewat sang kapten, Younis Mahmoud. Mendapat bola liar di dalam kotak penalti, pemain berusia 31 tahun itu menceploskan bola lewat tandukannya di depan gawang pada menit 93.

Pertandingan semakin sengit, setelah Iran kembali menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit 103. Berawal dari tendangan penjuru Andranik Teymourian, Morteza Pouraliganji menuntaskannya dengan tandukan keras, yang akhirnya merobek gawang Irak.

Drama belum berhenti. Penalti Dhurgham Ismail membawa Irak unggul 3-2 pada menit 116.

Namun, tiga menit berselang, Reza Ghoochannejhad membuat skor kembali sama kuat, 3-3, lewat tandukan, setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang Irak. Dan, pemenang pun mesti ditentukan lewat adu penalti.

Pada drama adu penalti, tujuh pemain Irak, Waleed Salem, Dhurgham Ismail, Ali Adnan, Younis Mahmoud, Yaser Kasim, Marwan Hussein, dan Salam Shakir menuntaskannnya dengan sempurna. Sedangkan Saad Abdul-Amir gagal.

Sementara itu, di kubu Iran, ada enam pemain yang melakukan tugasnya dengan baik, Morteza Pouraliganji, Javad Nekounam, Jalal Hosseini, Vouria Ghafouri, Alireza Jahanbakhsh, dan Andranik Teymourian. Sedangkan dua pemain mereka, Ehsan Hajsafi dan Vahid Amiri gagal. Irak pun dinyatakan menang 7-6 lewat adu penalti. 

Pada semifinal yang bakal dihelat di Stadium Australia, Sydney, Senin 26 Januari 2015, Irak akan bertemu semifinalis Piala Asia 2011, Korea Selatan. Sebelumnya, Taegeuk Warriors melaju berkat kemenangan 2-0 atas Uzbekistan.

Susunan Pemain
Iran: Alireza Haghighi, Vouria Ghafouri, Jalal Hosseini, Mehrdad Pooladi, Morteza Pouraliganji, Andranik Teymourian, Javad Nekounam (c), Ehsan Hajsafi, Masoud Shojaei (Vahid Amiri 46'), Ashkan Dejagah (Reza Ghoochannejhad 83'), Sardar Azmoun (Alireza Jahanbakhsh 63')

Irak: Jalal Hassan, Dhurgham Ismail, Salam Shakir, Ahmad Ibrahim, Waleed Salem, Yaser Kasim, Saad Abdul-Amir, Justin Meram (Marwan Hussein 46'), Alaa Abdul-Zahra (Ali Adnan 65'), Ahmed Yasin (Amjad Kalaf 107'), Younis Mahmoud (c) (one)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya