Tekuk Korsel, Australia Rebut Juara Piala Asia 2015

Pemain Australia, James Troisi.
Sumber :
  • REUTERS/Jason Reed
VIVA.co.id -
Daftar Tim Asia yang Lolos ke Babak 3 Pra Piala Dunia 2018
Australia memastikan diri menjadi juara Piala Asia 2015 setelah berhasil menang 2-1 atas Korea Selatan lewat perpanjangan waktu pada laga yang berlangsung Sabtu, 31 Januari 2015, di ANZ Stadium, Sydney.

Harry Redknapp Telan Kekalahan Memalukan dengan Yordania

Pada
Belum Resmi Latih Chelsea, Hiddink Dapat Ucapan Selamat
babak pertama , kedua tim bermain dengan tensi tinggi dan sama-sama ingin mencari gol pembuka. Namun, gol baru muncul di akhir 45 menit pertama.


Massimo Luongo dengan sempurna mengontrol bola sebelum melepaskan tendangan keras ke pojok gawang. Pemain berdarah Indonesia ini menjadi pencetak gol pertama ke gawang Korsel di Piala Asia ini. Skor 1-0 untuk tuan rumah bertahan sampai turun minum.


Di
, Korsel bermain lebih menekan dengan umpan-umpan pendek memanfaatkan serangan balik cepat. Tetapi, peluang tak ada yang berbuah gol.


Usaha Korsel akhirnya berbuah hasil saat memasuki injury time. Aksi satu dua yang brilian antara Ki Sung-yueng dan Son Heung-min berhasil dituntaskan dengan sempurna.


Heung-min yang disebut "Cristiano Ronaldo Korea" akhirnya membuat skor jadi imbang 1-1 di menit-menit akhir. Laga berlanjut ke perpanjangan waktu.


Setelah 90 menit yang dramatis, Australia berhasil mencuri sebuah gol di penghujung babak pertama perpanjangan waktu.


James Troisi berhasil memanfaatkan bola rebound tendangan Tomi Juric yang gagal diantisipasi sempurna oleh kiper Korsel, Kim Jin-hyeon. Australia kembali unggul 2-1.


Di babak kedua perpanjangan waktu, Korsel kembali melancarkan serangan-serangan untuk menyamakan kedudukan atau malah membalikkan keadaan. Tetapi, pertahanan Australia begitu solid dan sulit ditembus lawan. Skor 2-1 pun tak berubah sampai peluit panjang.


Dengan kemenangan ini, Australia berhasil mencatatkan sejarah dengan sukses menjadi juara Piala Asia untuk pertama kali sejak bergabung dengan Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) pada 2006.


Susunan Pemain:
Australia:
Mat Ryan; Ivan Franjic (McKay 74'), Jason Davidson, Tim Cahill (Juric 63'), Mark Milligan; Matthew Spiranovic, Mathew Leckie, Robbie Kruse (Troisi 70'), Mile Jedinak; Trent Sainsbury, Massimo Luongo


Korea Selatan:
Kim Jin-Hyeon; Cha Du-Ri, Kwak Tae-Hwi, Kim Young-Gwon, Kim Jin-Su; Jang Hyun-Soo, Nam Tae-Hee (Lee Kuen-ho 63'), Ki Sung-Yueng; Son-Heung Min, Park Joo-Ho (Han Kook-young 72'), Lee Jeong-Hyeop (Kim Ju-young 87')

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya