Terungkap, Penyebab Kegagalan Messi Eksekusi Penalti

Striker Barcelona, Lionel Messi
Sumber :
  • Reuters/Lee Smith

VIVA.co.id - Kegagalan Lionel Messi dalam mengeksekusi penalti, seolah menjadi noda bagi kemenangan Barcelona atas Manchester City di leg satu babak 16 besar Liga Champions, Rabu 25 Februari dini hari WIB. Kini, terungkap penyebab kegagalannya tersebut.

Dalam kemenangan 2-1 di Etihad Stadium tersebut, Barca mendapat hadiah penalti karena pelanggaran Pablo Zabaleta pada Messi di masa injury time. Sayang, Messi gagal mengonversinya menjadi gol, bola mampu diamankan oleh kiper Joe Hart.

Pengamat tendangan penalti dan penulis buku "Twelve Yards, the art and psychology of the perfect penalty", Ben Lyttleton, coba memberikan analisisnya pada eksekusi penalti Messi. Ternyata, pemain berjuluk La Pulga mengubah cara tendangan penaltinya di musim ini.

"Messi sudah mengubah strategi dalam menendang penalti musim ini. Sebelumnya, Messi berlari dengan lambat ke arah bola, melihat ke kiper, dan memutuskan di saat terakhir. Ia punya teknik yang luar biasa dan mental yang bagus," kata Lyttleton, dilansir Weloba.

"Mengapa ia melakukannya? Itu pertanyaannya. Messi punya kebiasaan. Ketika itu tidak bekerja, Anda mencoba untuk melakukan perubahan. Messi butuh bantuan untuk mencegahnya gagal melakukan penalti lebih banyak lagi," tuturnya.

Tercatat, Messi sudah 13 kali gagal dari 59 kali tendangan penalti yang dieksekusinya selama berseragam Barcelona. Selain itu, dia menyamai rekor buruk Ronaldo dalam mengeksekusi penalti di Liga Champions. (art)

Baca Juga:

Gila, Ini Format Baru Liga Champions!

Jadwal Siaran Langsung Sepakbola Dini Hari Nanti

Wenger: Malam Terburuk untuk Pertahanan Arsenal

Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal

Simeone Sebut Leverkusen Tiru Gaya Permainan Atletico

Perempatfinal Liga Champions, Real Madrid vs Chelsea

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

Liga Champions, turnamen sepakbola paling bergengsi di Eropa, menjadi mimpinya para klub elite

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024