Juve Berpeluang Akhiri Mimpi Buruk Italia di Liga Champions

Para pemain Juventus merayakan gol ke gawang Lazio
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Sudah Jadi Pemain MU, Pogba Masih Dibelikan Rumah Juventus
- Juventus berpeluang mengakhiri rekor buruk tim-tim Italia di Liga Champions. Hal tersebut jika sang juara bertahan Serie A ini mampu menyingkirkan AS Monaco dan lolos ke babak semifinal.

Diincar 2 Raksasa Italia, Isco Dibanderol Madrid Rp733 M

Dekade pertama di milenium ini sebenarnya menjadi milik tim-tim Italia. Duo Milan, AC Milan dan Inter Milan sukses merebut tiga titel juara. Hanya Spanyol yang bisa menyaingi, dengan tiga gelar yang diraih Barcelona dan Real Madrid di periode 2001 hingga 2010.
Juventus Tak Menikmati Untung Besar dari Penjualan Pogba


Puncak kejayaan Italia terjadi di musim 2002-03. Saat itu, Italia sukses menempatkan tiga wakilnya di babak semifinal: AC Milan, Inter Milan dan Juventus. Rossoneri akhirnya menjadi juara setelah menundukkan Bianconeri lewat adu penalti dalam duel bertajuk
all-Italian final
.


Sayang, kejayaan Italia mulai meredup dalam beberapa tahun terakhir. Seperti dilansir
USA Today
, sejak Inter menjadi juara tahun 2010, tak ada lagi tim Italia yang sanggup menembus semifinal Liga Champions.


Posisi Italia di tabel koefisien Eropa pun melorot dari peringkat ketiga ke keempat. Serie A pun hanya bisa mengirimkan 3 wakil ke Liga Champions. Jatah 4 tim kini menjadi milik Bundesliga Jerman.


Tak hanya klub Italia yang mengalami penurunan prestasi, nasib serupa juga dialami Timnas Italia. Sejak Fabio Cannavaro mengangkat trofi Piala Dunia pada 2006, Gli Azzurri selalu terhenti dalam dua edisi terakhir turnamen paling bergengsi di dunia tersebut.


Kini, Juventus berpeluang besar menghentikan rekor buruk itu. Usai menang 1-0 dari AS Monaco di leg 1, Bianconeri berada di atas angin. Tim besutan Massimiliano Allegri hanya perlu hasil imbang untuk maju ke semifinal.


Jika itu terjadi, bukan tak mungkin koefisien Italia bisa kembali terangkat. Italia berpeluang kembali mengirimkan 4 wakil ke Liga Champions seperti masa jaya dahulu.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya