Aturan 'Larang' Spaso Bela Persib di 16 Besar AFC Cup

Penyerang Persib Bandung, Ilija Spasojevic
Sumber :
VIVA.co.id
Dilarang Pakai Atribut, Suporter Persija Berontak
- Persib Bandung sepertinya harus menunda ambisi memainkan bomber andalannya Ilija Spasojevic di babak 16 besar AFC Cup 2015. Hal itu disebabkan oleh aturan registrasi pemain yang ditetapkan Konfederasi Sepak Bola Asia atau AFC di kompetisi AFC Cup musim 2015.


Spaso yang resmi bergabung dengan Persib pada 25 Maret 2015, memang awalnya berharap bisa turun membela Maung Bandung di fase 16 besar. Namun dalam Regulasi Kompetisi AFC Cup 2015 artikel nomor 28 tentang Registrasi Pemain, membuat Spaso harus bersabar dan hanya berharap Persib mampu menembus babak perempatfinal.
Bus Persib Kecelakaan Gara-gara Rem Blong


Dalam artikel 28 tentang Registration Windows disebutkan jika batas pedaftaran pemain dibagi ke dalam tiga tahap. Registrasi pertama ditutup 4 Januari 2015 dan diperuntukan untuk babak kualifikasi serta playoff. Lalu, registrasi kedua ditutup 24 Januari 2015 dan pemain yang terdaftar bisa tampil di fase penyisihan grup serta 16 besar. Sementara tahap ketiga registrasi pemain ditutup 25 Juli 2015, diperuntukkan untuk babak perempatfinal hingga final.


Karena itu jika mengacu pada artikel 28 tersebut, maka untuk bisa bermain di babak 16 besar nama Spaso sudah harus tercantum paling lambat pada 24 Januari 2015. Artinya Persib baru memiliki kesempatan mendaftarkan Spaso jika lolos ke perempatfinal. Fase 16 besar AFC Cup sendiri akan dilaksanakan 26-27 Mei 2015. Sedangkan leg pertama babak perempatfinal dilaksanakan 25-26 Agustus 2015 dan leg kedua 15-16 September 2015.


Dalam artikel 29.5 disebutkan penggantian pemain hanya berlaku dan bisa dilakukan sesuai ketentuan. Hal itu dipertegas dalam artikel 30.4.4 yang menyebutkan tak ada penggantian atau pendaftaran pemain baru bagi tim yang lolos ke babak 16 besar sebelum tahap registrasi berikutnya dibuka kembali.


Sebelumnya Spaso mengatakan dirinya sudah tak sabar membela Persib di AFC Cup. Hal itu juga dipengaruhi oleh keputusan penundaan kompetisi QNB League yang membuat jadwal Maung Bandung di kompetisi domestik jadi tidak jelas.


Spaso mengungkapkan kondisi tersebut membuatnya merasa terganggu dalam upaya beradaptasi dengan skema dan gaya bermain Maung Bandung. Persib memastikan diri lolos ke 16 besar AFC Cup setelah menumbangkan tuan rumah New Radiant dengan skor 1-0 di pekan kelima penyisihan Grup H, Rabu 29 April 2015.


"Saya cukup sedih dengan situasi yang terjadi di sepak bola Indonesia sekarang ini. Sekarang kami harus menghabiskan banyak waktu dengan berlatih. Tapi sebagai pemain profesional saya tentu saja dituntut tidak bosan menghadapi kondisi ini," ungkap Spaso.


Spaso sendiri tak diboyong Persib ke Maladewa bersama tiga rekannya, Shahar Ginanjar, Rudiyana dan M. Agung Pribadi. Meski begitu, namun pemain asal Montenegro tersebut tidak menganggur selama berada di Bandung karena tetap harus menjalani program latihan di bawah pengawasan asisten pelatih Herrie Setiawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya