Nihil Gelar, Real Madrid Turun Kasta di Liga Champions

Real Madrid vs Almeria di La Liga
Sumber :
  • REUTERS/Sergio Perez
VIVA.co.id
Gila, Ini Format Baru Liga Champions!
- Gagal total, itulah dua kata yang cocok untuk menggambarkan kondisi Real Madrid musim ini. Bagaimana tidak, tak satupun gelar bisa diraih Madrid setelah meraih trofi juara Liga Champions ke-10, musim lalu.

Rangkuman Momen-momen Penting Duel Liverpool Vs Villarreal

Kalah bersaing dengan rival utama Barcelona di ajang La Liga. Gagal mempertahankan gelar Copa del Rey usai ditumbangkan tim sekota, Atletico Madrid. Dan yang terakhir, disingkirkan Juventus dari ajang Liga Champions.
Malam Bersejarah di Liga Champions, Pemuda 19 Tahun Kalahkan Messi


Kegagalan musim ini berimbas pada status Los Blancos di Liga Champions. Madrid turun 'kasta' ke pot 2 di kompetisi Liga Champions musim depan.


Hal ini mengacu pada regulasi baru UEFA, yang dikeluarkan April lalu. Dalam aturan baru, hanya juara liga domestik dari 7 negara dengan koefisien tertinggi UEFA, yang masuk ke pot 1. Satu tempat lainnya diisi oleh juara bertahan.


Jika juara bertahan berasal dari salah satu dari 7 negara peringkat tertinggi, maka satu tempat lagi akan diisi oleh juara liga dari negara peringkat ke-8.

7 negara dengan peringkat terbaik UEFA saat ini yakni Jerman, Spanyol, Inggris, Portugal, Italia, Rusia, dan Prancis.


Peraturan UEFA sebelumnya, klub yang menghuni pot 1 adalah tim dengan prestasi terbaik dalam 5 musim terakhir. 7 klub yang akan menghuni pot 1 Liga Champions musim 2015/2016 yakni Bayern Munich, Barcelona, Chelsea, Benfica, Juventus, Zenit St Petersburg, dan Paris Saint-Germain (PSG).


Sementara itu, PSV Eindhoven akan mengisi satu tempat tersisa di pot 1. PSV masuk ke pot 1, sesuai aturan UEFA di mana Belanda adalah negara peringkat ke-8 FIFA. Karena final Liga Champions musim ini akan mempertemukan wakil Italia, Juventus dan Barcelona (Spanyol).


Penurunan status Madrid sebagai tim unggulan kedua Liga Champions, adalah kali pertama sejak 2010/2011. (one)







Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya