Pelatih Keturunan Indonesia Resmi Tangani Feyenoord

Giovanni van Bronckhorst
Sumber :
  • KPNVandaag
VIVA.co.id
Pertandingan Ini Terhenti 14 Menit untuk Hormati Cruyff
- Feyenoord resmi memecat pelatih Fred Rutten dan menunjuk asistennya, yang tak lain mantan pesepakbola keturunan Indonesia, Giovanni van Bronckhorst sebagai pengganti. Ini merupakan awal karier pria 40 tahun itu sebagai pelatih utama.

Kasus Pengaturan Skor di Liga Belanda Mulai Terkuak
Musim ini, Feyenoord tampil melempem dan hanya mampu menempati peringkat 4 klasemen akhir Eredivisie. Mereka mengumpulkan 59 poin, hasil 17 kemenangan, 8 imbang, dan 9 kekalahan. Untuk bisa ke Liga Europa, Feyenoord mesti melakoni playoff.

Skandal Atur Skor Hantam Liga Belanda
Adapun van Bronckhorst memang diproyeksikan untuk mengganti Rutten pada musim depan. Namun, kekalahan 0-3 dari PEC Zwolle, 17 Mei 2015 membuat De Stadionclub melakukan pertukaran tongkat kepelatihan lebih cepat.

"Manajemen klub telah memutuskan lebih baik jika Fred Rutten dan Feyenoord berpisah. Giovanni van Bronckhorst, yang sebelumnya direncanakan mengambil posisi Rutten musim depan, mulai memimpin (tim) dari sekarang," tulis pernyataan klub, dilansir The Guardian.

Van Bronckhorst sendiri merupakan legenda Feyenoord, yang menutup karier pada pengujung musim 2009-10, usai menjadi kapten Belanda di Piala Dunia 2010. Semasa aktif bermain, dia pernah memperkuat klub lain seperti Rangers, Arsenal, dan Barcelona.

Sedangkan karier kepelatihannya dimulai pada 2010, saat menjadi asisten pelatih Timnas U-21 Belanda. Pada 2011, mantan pemain kelahiran Rotterdam itu didapuk menjadi asisten pelatih Feyenoord, hingga akhirnya dipercaya menjadi pelatih kepala.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya