LAPORAN DARI SINGAPURA

Thailand Tak Mau Terlena dengan Status Favorit di Final

Pemain Thailand di SEA Games 2015
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Daftar Tim Asia yang Lolos ke Babak 3 Pra Piala Dunia 2018
- Thailand akan melakoni laga final SEA Games dengan menghadapi Myanmar pada Senin, 15 Juni 2015 malam nanti, di National Stadium, Singapura. Di duel tersebut, Thailand berstatuskan sebagai favorit juara.

Rangking FIFA: Posisi Indonesia Makin Merosot

Bukan tanpa alasan status itu disematkan kepada Thailand. Sejak SEA Games berformat tim U-23 di 2001 silam, Thailand menjadi pengoleksi gelar terbanyak, lima kali. Sedangkan, Myanmar belum pernah meraih juara.
Sempat Tak Jelas, Bonus Basket SEA Games Akhirnya Cair Juga


Meski begitu, pelatih Thailand, Choketawee Promrut, tak mau terkecoh dengan status favorit yang disematkan kepada timnya. Promrut menganggap Myanmar merupakan lawan berat bagi Thailand.


Dia khawatir The White Angels memberikan kejutan dalam laga final malam nanti. "Kami tak merasa sebagai favorit. Myanmar punya permainan yang bagus. Mereka sudah menunjukkannya di beberapa pertandingan sebelumnya," kata Promrut.


Saat menghadapi Myanmar, Promrut menuntut Chanatip Songkrasin dan kawan-kawan tampil lebih eksplosif.


Dia meminta agar para pemain bisa lebih rajin melakukan rotasi dalam permainan. Strategi ini terbukti ampuh saat Thailand menggilas timnas Indonesia U-23 dengan skor 5-0.


"Kami tak harus mengandalkan
striker
. Semua pemain bisa cetak gol. Sayap bisa masuk ke tengah, mencetak gol. Gelandang bisa menusuk langsung ke pertahanan lawan. Begitu pula pemain bertahan," tutur Promrut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya